Mantap dah! Seperti ini 5 Fakta luar biasa bumi yang pasti gak pernah kamu sadari

Inafeed.com – Bumi menyimpan sejumlah fakta – fakta menarik yang mungkin tak pernah kamu ketahui sampai saat ini. Fakta – fakta menarik pada bumi ini terkait tata surya bahkan kehidupan luar angkasa.

Dilansir dari Liputan6.com, kali ini ada beberapa uraian yang membahas tentang 5 fakta luar biasa bumi yang pasti gak pernah kamu sadari.

Mau tahu apa saja fakta luar biasa bumi ? Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Bumi adalah Dinamo Raksasa

Salah satu fakta luarbiasa bumi yakni bumi pada dasarnya menjadi dinamo raksasa. Diketahui jika inti bumi terdiri dari gumpalan padat nikel dan zat besi yang berputar dalam lautan lelehan besi dan nikel. Rotasi itu berfungsi sama seperti memutar generator tangan, yaitu agar memberi medan magnetik kuat untuk Bumi.

Bumi juga memiliki radiasi yang mampu menyebabkan kanker dan beberapa kondisi lain yang berbahaya. Kekuatan radiasi itu dapat mendorong atmosfer kita ke angkasa seperti yang telah terjadi pada Merkurius dan, dalam kadar yang lebih ringan, di Mars.

2. Planet Paling Padat dalam Sistem Tata Surya

Bumi memiliki planet paling padat dalam tata surya yaitu matahari yag diketahui menyumbang hampir seluruh massa di Tata Surya (NASA)

Selain itu, bumi memiliki gravitasi terbesar permukaan dibandingkan semua benda angkasa dalam sistem tata surya kita. Kepadatan yang ada di bumi ini berupa timbunan besar unsur-unsur berat dalam bahan pembentuk Bumi, misalnya timah dan uranium yang jauh lebih jarang ada di planet lain.

Akan tetapi , gravitasi yang besar akan menyebabkan manusia mengembangkankan refleks dan daya tahan yang diperlukan untuk menghadapi gravitasi tersebut. Gravitasi kuat di Bumi membuatnya menjadi tempat terburuk eksplorasi angkasa dalam sistem tata surya.

Planet Bumi memang bukan yang paling besar dalam sistem tata surya kita, tapi menjadi planet pejal terbesar, sekaligus paling padat.

3. Bulan yang Sangat Besar

Salah satu fakta yang ada di dalam bumi yakni bulan yang sangat besar. Gerhana Bulan Penumbra pada 2013 (Chuck Manges) . Bumi memiliki tata surya seperti bulan dan satelit bumi yang ternyata bulan ini menjadi salah satu tata surya sangat besar.

Pada dasarnya , bulan terbentuk dari lontaran puing dan partikel Bumi miliaran tahun lalu ketika ada tabrakan antara Bumi dengan planet lain. Dan akibat tabrakan dengan planet yang kira-kira seukuran Mars ini pada akhirnya bisa melelehkan Bumi karena panas.

Sementara bahan pembentuk bulan tercungkil lepas dari Bumi, menjauh sambil mendingin menjadi bola cadas. Penelitian teranyar mengungkapkan adanya lebih dari satu tabrakan yang menjadi penyebab terbentuknya bulan.

4. Perapian Nuklir Raksasa

Medan magnetik Bumi pada dasarnya bisa melindungi kita dari radiasi. Kebanyakan radioisotop Bumi terletak dalam inti dan panas dari peluruhan radioaktif itulah yang terus melelehkan inti tersebut, menggeser lempeng tektonik, dan menjaga putaran dinamo planet Bumi.

Medan magnetik itu menyebabkan bumi menjadi dingin. Saat bumi menjadi dingin ini nantinya medan magnetiknya menghilang, dan secara perlahan Bumi tidak bisa didiami lagi.

Sejumlah penelitian di Oklo, Gabon ditemukan suatu tambang uranium yang mengandung uranium-235 yang sangat sedikit dibandingkan isotop lainnya. Uranium jenis tersebut dipakai dalam reaktor dan senjata nuklir.

Jadi , cadangan uranium itu sudah dipakai selama jutaan tahun dalam reaktor nuklir alami yang ada jauh di dalam Bumi.

5. Satu-Satunya Planet yang Menopang Kehidupan

Fakta luarbiasa bumi yang perlu kamu ketahui yakni bumi menjadi satu – satunya planet yang punya fungsi untuk menopang kehidupan.

Dengan adanya air, oksigen, dan sinar matahari, Bumi menjadi tempat tinggal banyak makhluk yang tak terhitung jumlahnya.

Sebuah penelitian teranyar air di Europe dan Callisto menemukan jika ada planet yang akan menopang kehidupan yakni Jupiter.  Namun dilihat dari segi kehidupannya , Bumi adalah satu-satunya tempat di semesta yang bisa dipastikan memiliki kehidupan.

Nah, itulah dia kelima fakta luarbiasa bumi yang tidak kamu ketahui.

 

iklan