Jika dijual Ternyata Harga Piala Oscar Nominalnya Segini nih. Bikin Kamu Melongok

Inafeed.com – Piala Oscar menjadi salah satu piala kebanggaan bagi mereka yang berkarier pada perfilman paling bergengsi di dunia. Piala Oscar dari Academy Award bersepuh emas 24 karat yang tentu saja menjadi piala dambaan banyak orang.

Dan tahukah kamu , piala Oscar ini menjadi piala yang bernilai emas yang diberikan oleh mereka yang telah bekerja keras untuk kesuksesan perfilman.

Namun tahukah kamu berapa harga piala Oscar jika diperdagangkan ?  Ternyata harganya tak sebanding dengan kerja keras mereka yang masuk nominasi penghargaan.

Dalam sejumlah informasi diketahui jika Piala yang berbentuk patung setinggi 34 cm dengan berat 3,8 kg yang terbuat dari perunggu berlapis emas 24 karat itu hanya dihargai USD 1 atau senilai Rp 13 ribu saja.

Dalam sebuah kebijakan penyelenggara Academy Award memutuskan agar para pemenang Oscar tak bisa menjual piala mereka dan bagi para pemenang yang ingin menjual piala Oscar , mereka harus menandatangani surat perjanjian penjualan.

Hal ini dikarenakan para pemenang Oscar bisa bebas menjual piala mereka kepada siapa pun dengan harga selangit. Contohnya saja Herman Mankiewicz yang memenangkan Oscar pada tahun 1941 untuk skenario terbaik film Citizen Kane menjual pialanya dengan harga USD 332.165 atau senilai Rp 4,3 miliar. Sementara Gregg Toland yang menang Oscar kategori sinematografi terbaik tahun 1939 menjual pialanya dengan harga Rp 3 miliar.

Akan tetapi setelah  tahun 1950, hak bebas menjual piala Oscar itu sudah tidak diperbolehkan lagi karena perjanjian Oscar hanya bisa dijual ke penyelenggara Oscar. Hal itu dilakukan untuk menjaga integritas Academy Award.

Piala Oscar tak hanya digunakan sebagai piagam penghargaan melainkan piala ini bisa digunakan sebagai kenaikan nilai tawar para pemenangnya. Seperti Halle Berry yang menang Academy Award 2002 kategori Best Actress dalam perannya di film Monster’s Ball punya pendapatan naik dari Rp 1,5 miliar menjadi Rp 86 miliar untuk setiap peran yang dimainkan dalam film.

Nilai kenaikan tawar inilah yang membuat Piala Oscar begitu berharga.

Lihat juga : Akhirnya, Luis Mila Jadi Pelatih Tim Nasional Indonesia

iklan