Kenapa Allah tidak ciptakan semua manusia beragama Islam? Seperti ini jawaban Dr Dzakir Naik

Inafeed.com – Dalam sebuah acara dakwah Dr. Zakir Naik dan sejumlah non muslim , ada sebuah pertanyaan dari seorang wanita Jepang bernama Yoko dengan bermarga atheis . Dalam sesi pertanyaan Yoko mempertanyakan tentang kuasa Allah ” kenapa Allah tidak menciptakan manusia menjadi muslim semua sehingga para ustadz atau da’i tidak perlu bersusah payah untuk mendakwahkan kepada orang lain agar menjadi muslim ?

Pertanyaan tersebut pun di jawab oleh Dr. Zakir Naik dengan lapang hati. Begini sesi tanya jawab antara Dr. Zakir Naik dan Yoko.

Yoko: Jika Tuhanmu begitu hebat, kenapa Tuhanmu tidak menjentikkan jari-Nya saja dan mengubah seluruh dunia menjadi Muslim, sehingga kau tidak perlu bekerja keras dan berdakwah untuk meyakinkan orang lain agar masuk Islam?

Dr. Zakir Naik: Saudari, itu adalah pertanyaan yang sangat bagus. Jawabannya sudah ada dalam Quran. Tuhan tahu bahwa kau akan bertanya seperti ini.

Yoko: Aku pikir tidak begitu.

Dr. Zakir: Kalau begitu bagaimana mungkin jawabannya sudah ada dalam Quran? Inilah yang disebut mukjizat!

Yoko: Ini hanya kebetulan!

Dr. Zakir: Bukan kebetulan, dan banyak orang yang telah bertanya seperti ini sebelummu. Jadi Tuhan tahu bahwa ada sebagian manusia yang akan bertanya seperti ini.

Selain itu, Dr. Zakir juga menjelaskan jika Tuhan berfiman di surat Yunus[10]: 99, bahwa jika Tuhan berkehendak, Dia bisa membuat semua orang di dunia menjadi Muslim. Itulah alasan kami tidak boleh memaksa siapapun untuk masuk lslam kecuali dari hati mereka sendiri.

Tuhan telah menciptakan berbagai makhluk. Semua makhluk Tuhan selain manusia dan jin, seperti binatang, malaikat, dan tumbuhan tidak mempunyai kehendak bebas. Jika Tuhan menjadikan manusia menjadi Muslim semua, maka apa bedanya dengan malaikat? Ini dikarenakan malaikat tidak punya kehendak bebas.

Kita juga perlu paham jika apapun yang difirmankan Tuhan pasti mereka ikuti seratus persen. Jadi Tuhan menciptakan makhluk lain yang disebut manusia. Keistimewaan dari manusia adalah dia mempunyai kehendak bebas untuk patuh atau menentang Tuhan.

Dan yang menjadi satu pertanyaan jika Tuhan menjadikan kita semua (manusia) untuk mematuhi-Nya, maka kita sama saja seperti para malaikat. Maka apa apa bedanya manusia dengan malaikat dan dimana ujiannya?

Tuhan berfirman dalam surat Al-Baqarah[2]: 155,

“Akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan ketakutan, kelaparan, kurangnya harta, jiwa dan barang-barang yang kamu dapatkan.” Tuhan juga berfirman bahwa anak-anakmu, istrimu, dan kekayaanmu adalah ujian untukmu.”

Dr. Zaki Naik dan Yoko pun mengakhiri percakapan mereka setelah semua pertanyaan telah membuatnya paham.

 

iklan