9 Aturan sekolah di Jepang ini Sepertinya gak ada di Indonesia

Inafeed.com – Untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tertib , setiap sekolah pasti memiliki aturan khusus yang perlu dipatuhi dan ditaati.

Peraturan -peraturan sekolah dibuat agar murid – murid tak melakukan kegiatan menyeleneh atau hal – hal yang tak diinginkan lainnya.

Jika di Indonesia, setiap murid yang melanggar aturan sekolah pasti akan ada sanksi tegas agar si murid jerak untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut kedua kalinya.

Dan ternyata sanksi tegas untuk aturan di Indonesia ini masih dalam level biasa. Di Jepang ternyata punya banyak aturan sekolah yang jauh lebih ketat dari sekolah-sekolah yang ada di negara lain.

Baca juga : 7 Aturan Aneh dan Unik yang Ada di Beberapa Negara di Dunia

Jepang terkenal dengan struktur sekolah yang sangat jauh berbeda dibanding negara lainnya, bahkan perbedaan struktur sekolah Jepang bisa jadi berbalik 180 derajat dengan negara Amerika.

Mau tahu seperti apa aturan sekolah yang ada di Jepang ? seperti yang dilansir dari idntimes.com, inilah dia diantaranya :

1. Tepat waktu merupakan hal yang sangat penting di setiap sekolah yang ada di Jepang.

Siswa di Jepang harus sudah berada di sekolah jam 08:30 AM tepat! Tidak boleh terlambat sedikitpun. Jika ada siswa Jepang yang datang terlambat 5 kali, mereka harus bertanggung jawab dan menerima konsekuensinya dengan dihukum untuk datang lebih awal lagi untuk membersihkan sekolah.

2. Setiap siswa harus makan di dalam ruang kelas mereka masing-masing.

Setiap anak sekolah di Jepang harus membawa bekal sendiri dan juga membawa alas untuk makanan mereka sendiri-sendiri.

3. Siswa tidak diperbolehkan untuk memodifikasi penampilan fisik alami mereka.

Semua siswa tidak boleh pakai makeup atau segala jenis kosmetik untuk memoles wajah mereka biar terlihat lebih cantik. Jangankan memakai bedak, menggunakan cat kuku dan merapikan alis mereka saja dilarang.

4. Siswa tingkat SMP dilarang berpacaran dan memiliki hubungan yang terbuka.

Siswa tingkat SMP di Jepang dilarang untuk berpacaran karena bertujuan untuk mencegah aktifitas belajar siswa terganggu. Aturan ini bahkan menjadi aturan tertulis di setiap sekolah.

5. Sesepuh sekolahan selalu disambut dengan sangat baik sebagai tanda penghormatan.

Para siswa harus selalu memberikan salam pada guru atau sesepuh, sebab merekalah yang memberikan kita pendidikan. Siswa akan selalu membungkuk di depan gurunya dengan khusyu’.

6. Ponsel tidak diperbolehkan untuk digunakan di lingkungan sekolah.

Seluru siswa di Jepang hanya diperbolehkan menggunakan ponsel mereka sebelum masuk dan setelah pulang sekolah, itupun mereka harus menggunakannya di depan gerbang sekolah, jika ketahuan menggunakan ponsel di lingkungan sekolah, mereka akan menerima hukumannya.

7. Tidak pernah ada guru pengganti di kelas.

Di Jepang sangat jarang sekali guru yang absen atau tidak bisa mengajar murid-muridnya. Jikapun mereka harus absen dan tidak bisa masuk, maka tidak akan pernah ada guru yang akan menggantikannya.

8. Siswa dilarang untuk memakai pakaian luar yang menutupi seragam mereka.

Siswa dilarang memakai jaket dengan bentuk di bawah seragam sekolah atau menutupi seragam sekolahnya.

9. Seluruh siswa di Jepang di bawah usia 18 tahun dilarang keluar rumah jam 10 malam.

Bagaimana jika Indonesia punya aturan sekolah seperti di Jepang ya guys ?