10 Laporan Penampakan Putri duyung salah satunya ada di Indonesia Lho

Inafeed.com – Kehadiran Putri Duyung di dunia ini memang sering mencari cerita yang tak bisa dipercaya karena keberadaannya masih menjadi misteri. Kadang banyak orang menyebut jika cerita putri duyung hanyalah cerita mito yang berasal dari sejarah mitologi bangsa Yunani.

Menurut mitologi Yunani menyebut, putri duyung adalah makhluk air setengah manusia, berekor ikan menjadi cobaan berat bagi para pelaut, terutama mereka yang lalai. Siapa tergoda, ia akan menemui ajal.

Kehadiran Putri Duyung ini pun membuat kepercayaan sebagian orang setelah adanya cerita penampakan – penampakan putri duyung di sejumlah pesisir pantai di dunia ini.

Berdasarkan data yang terungkap dari Lembaga Amerika Serikat, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), yang mengurusi soal lingkungan semisal tsunami dan badai pernah memosting artikel menarik dan tak biasa: tentang putri duyung.

Dan kali ini ada 10 laporan penampakan putri duyung yang pernah membuat heboh dunia , salah satunya ada di Indonesia lho.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, inilah dia diantaranya :

1. Putri Duyung Kiryat Yam

Salah satu laporan tentang adanya penampakan putri duyung yakni terjadi pada 2009 . Penampakan putri duyung tersebut terlihat di Kiryat Yam, Israel yang awal mulanya dilihat oleh warga lokal.

Putri duyung yang terlihat itu bertubuh manusia berekor ikan. Dan karena sebagian orang tak mempercayai adanya laporan tersebut , pemerintah setempat kemudian menawarkan hadiah senilai US$ 1 juta untuk bukti bahwa mahluk misterius itu memang ada.

2. Columbus dan Putri Duyung Karibia

Di laut Karibia juga dikabarkan pernah ada penampakan putri duyung. Penampakan tersebut pertama kali dilihat oleh Christopher Columbus saat dirinya sedang dalam pelayarannya di sekitar Hispanolia.

Ketika itu , Christoper menulis dalam catatan harian bahwa dirinya dan para awak melihat 3 putri duyung di perairan seputar pulau di sana.

Columbus mencatat bahwa para putri duyung itu berseliweran dalam air, tapi muncul ke permukaan ketika kapal mendekat. Menurut Columbus 3 putri duyung yang dilihatnya itu tidaklah secantik yang ada dalam cerita mitologi melainkan cenderung kelaki – lakian.

3. Putri Duyung Zimbabwe

Laporan adanya penampakan putri duyung terjadi pada tahun 2012 di Zimbabwe. Penampakan putri duyung tersebut pertama kali dilihat oleh para pekerja konstruksi di Zimbabwe yang ketika itu mereka kabur ketakutan dari tempat kerja mereka di bendungan Gokwe dan Osbourne karena putri durung yang mengamuk.

Dalam bahasa setempat, putri duyung dikenal sebagai mamba muntu. Para pekerja setempat dibesarkan di kawasan yang penuh dengan kisah rakyat dan mitos, sehingga mereka percaya mamba muntu sebagai pembawa bala. Mereka pun menolak menyelesaikan pembangunan bendungan.

Namun setelah adanya penampakan putri duyung itu , para pekerja itu pun kabur meninggalkan lokasi pembangunan dan bersumpah tidak akan kembali lagi karena kemarahan dan pelecehan oleh putri duyung sungai Zimbabwe.

Sebagai upaya menenangkan putri-putri duyung yang mengamuk, para anggota dewan setempat memutuskan melakukan upacara ritual dan penyucian agar bisa meneruskan pembangunan bendungan.

4. Orang Ikan di Indonesia

Di Indonesia juga pernah ada laporan tentang penampakan putri duyung tepatnya pada tahun 1934, di saat Perang Dunia II masih berkecamuk. Penampakan putri duyung itu terlihat di Pulai Kei, Indonesia.

Ketika itu , pasukan Jepang menugaskan tim pengintai untuk melihat kondisi di sekitar lokasi dan mereka melaporkan bila ada sosok serupa manusia di dalam air.

Makhluk tersebut berbentuk mungil , memiliki sirip di leher dan kepala, serta mulut seperti ikan lele. Mahluk tersebut dianggap sebagai sosok putri duyung yang sering terlihat bermain-main di laguna dan dekat pantai di Pulai Kei.

Para anggota pasukan Jepang konon heran dengan apa yang mereka lihat. Tapi, setelah bicara dengan penduduk setempat, mereka diberitahu bahwa mahluk seperti putri duyung itu dikenal sebagai orang ikan.

5. Putri Duyung Active Pass

Pada 1967, provinsi British Columbia menjadi pusat kehebohan putri duyung setelah laporan ada penampakannya di pantai Mayne Island. Para penumpang feri malam itu melihat seorang wanita pirang bertelanjang dada duduk di pantai dengan ekor menjuntai. Beberapa saksi mata terhenyak ketika melihat putri duyung itu diduga menyantap salmon mentah di pantai.

Setelah penampakan oleh para penumpang feri, mahluk itu terlihat lagi seminggu kemudian. Para penduduk setempat penasaran dengan tampilan putri duyung misterius sehingga mereka kemudian mencari informasi tentangnya.

Dalam berita koran setempat , The Colonist menawarkan hadiah US$ 25 ribu tentang putri duyung itu. Jika berhasil di tangkapk , akan ada kamar tempat tinggal baginya.

6. Kaaiman

Penampakan putri duyung juga terjadi pada tahun 2008 tepatnya di Afrika Selatan yang dikenal sebagai Kaaiman.

Penampakan putri duyung itu awalnya terlihat oleh sekelompok pemuda  yang sedang berkemah dekat suatu sungai ketika mereka mendengar suara deburan dan hantaman keras.

Dan ketika didekati , terlihat seperti sosok wanita berkulit putih pucat dengan rambut hitam yang panjang. Wanita itu sempat menoleh ke kerumunan dan ngerinya jika mata wanita itu berwarna merah menyala.

Setelah diamati lebih jauh , wanita itu dianggap sebagai  putri duyung yang mengeluarkan suara tangisan memilukan, seperti tangisan seorang wanita.

Warga Afrika Selatan tak mau bertemu Kaaiman karena ia konon mampu menyeret orang dan menjebaknya di kedalaman air bersama-sama dengan benda yang paling diidamkan.

7. Putri Duyung Hebridea

Laporan adanya penampakan putri duyung juga beredar di Hebridea pada tahun 1830. Putri duyung itu pertama kali dilihat oleh seorang warga yang sedang memangkas rumput laut di pantai dan mengaku melihat manusia mungil berenang dalam air.

Wanita tersebut memanggil orang-orang untuk melihat mahluk air itu. Sejumlah pria berbegas masuk ke dalam laut, tapi mahluk itu segera melesat pergi jauh.

Beberapa bocah lelaki menimpukinya dengan batu dan ada satu lemparan yang mengenai punggungnya.

Sosok wanita yang dianggap putri duyung itupun mati . Dan jasad putri duyung itu ditemukan mengambang ke pantai.

8. Putri Duyung Selandia Baru

Di tahun 2014, seorang awak kapal nelayan mengaku menemukan jasad putri duyung di South Island. Para nelayan khawatir telah menemukan mayat korban pembunuhan.

Tapi setelah diperiksa lebih teliti oleh pihak berwenang setempat, jelaslah bahwa kerangka itu tidak sepenuhnya manusia. Tubuh itu lebih mirip makhluk mirip manusia yang tampak memiliki ciri akuatik.

Namun ketika itu , pihak berwenang tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan temuan itu sehingga pihak University of Auckland . Banyak peneliti mengatakan jika kerangka tersebut adalah kerangka putri duyung.

9. Putri Duyung Laut Bering

Seorang pria bernama Henry Hudson berhasil menemukan penampakan putri duyung ketika dirinya sedang menjelajahi perairan utara Norwegia pada 1608. Dalam jurnal, ia menjelaskan suatu pertemuan ganjil melihat sekelompok putri duyung.

Menurut Hudson, putri duyung itu melihat awaknya dan memanggil rekan-rekannya. Dia berkulit sangat putih dengan rambut panjang berwarna gelap. Namun setelah diamati lebih jelas , ternyata sosok tersebut tak memiliki kaki dan hanya ada ekor yang disebutnya mirip ekor lumba-lumba.

10. Putri Duyung Deerness

Penampakan putri duyung juga pernah ada di Skotlandia pada 1890 tepatnya di Newark Bay . Putri duyung yang disebut seperti mahluk mirip manusia itu punya tubuh setinggi 2,1 meter, berkulit putih pucat dengan rambut berwarna hitam.

Putri duyung Deerness diduga pemalu dan menjauh dari pantai dan hanya muncul ketika musim panas dan perlahan lenyap ke kedalaman.

Nah, itulah dia sepuluh laporan penampakan putri duyung.