7 Negara Adidaya ini dulu pernah kuasai dunia tapi kini hancur karena perang

4. Khalifah Abbasiyah

Khalifah Abbasiyah juga menjadi salah satu negara yang pernah menjadi penguasa. Di Abad 8 hingga 13 jazirah Arab dikuasai oleh kekhalifahan Abbasiyah. Saati itu Abbasiyah menjadi negara adidaya dengan pengetahun mereka di bidang ilmu pengetahuan seperti matematika dan kimia.

Khalifah Abbasiyah sendiri terletak di Mesapotamia (Irak) tepatnya kota Baghdad. Puncak kejayaan negara ini terjadi di bawah Khalifah Harun Ar-Rasyid Rahimahullah (760-809M) serta putranya, al Ma’mun (813-833 M).

Namun pada akhirnya , Kekhalifahan ini mengalami kemunduran semenjak terlibat dalam perang Salib untuk memperebutkan kota suci Yerusalem.

5. Mongol

Mongol adalah negara tandus yang dikenal sebagai bangsa penakluk yang handal. Mongol pernah menjadi penguasa karena berhasil mengalahkan Tiongkok yang ketika itu menjadi kekaisaran yang jauh lebih tua dari Mongol pada abad ke-13.

Bahkan seiring berjalannya waktu , Mongolia berhasil memperluas wilayahnya hingga ke Korea, Siberia, Persia bahkan sebagian wilayah Eropa Timur.

Namun pada akhirnya , Kubilai Khan Mongolia mengalami kemunduran dan harus takluk kepada Tiongkok pada aba ke-17 di bawah Dinasti Qing. Lanjut baca ke halaman berikutnya

iklan