10 Negara ini jadi termiskin di dunia gara gara pejabatnya suka korupsi

Inafeed.com – Kinerja pemerintah yang represif , ketidakstabilan politik dan tata kelola kelembagaan yang buruk , korupsi yang merajalela, dan rendahnya tingkat pembangunan ini menjadi penyebab utama kemiskinan setiap negara.

Di dunia ini banyak sekali negara Рnegara berkembang  yang justru mengalami kemiskinan terburuk sepanjang sejarah mulai dari kasus kelaparan , banyaknya pengangguran hingga kurangnya tempat tinggal ini menambah jumlah gelandangan di negara tersebut.

Dan parahnya lagi , aksi korupsi para pejabat negara ini juga membuat tingkat kemiskinan negara semakin bertambah. Seperti yang dilansir dari riaubook.com, kali ini ada 10 negara yang masuk dalam kategori negara termiskin di dunia lantaran pejabatnya banyak yang korupsi.

1. Negara Madagaskar

Negara Madagaskar termasuk negara termiskin didunia. Negara ini memiliki nilai GDP/PDB kurang dari US$ 1.500. Dari data yang dilansir oleh Bank Dunia, 95% penduduk Madagaskar berpendapatan dibawah US$ 2 per hari. Perselisihan politik yang sudah lama terjadi dan tata kelola yang buruk dianggap sebagai penyebab utama rusaknya perekonomian Negara tersebut. Perekonomian Madagaskar yang sangat bergantung pada perikanan, pertanian, dan produksi pakaian tidak ditopang oleh infrastruktur (terutama jalan raya) yang memadai.

Namun dengan adanya infrastruktur modern itu , para petani menjadi kesulitan untuk membawa hasil pertanian yang menyebabkan hasil panen dinilai murah hingga bisa membuat rakyat kecil semakin miskin.

2. Negara Guinea

Negara Guinea juga termasuk negara termiskin di dunia dengan catatan GDP/PDB Negara di Afrika barat itu untuk tahun 2015 mencapai angka kurang dari US$1.400. Keadaan perekonomian Negara tersebut diperparah akibat terjadinya epidemi virus Ebola 2014 hingga menyebabkan lambatnya ekonomi Guinea sehingga ketidakstabilan politik dari Negara itupun terjadi.

3. Negara Eritrea

Eritrea adalah negara kecil yang terletak di timur laut Afrika tersebut yang termasuk sebagai negara termiskin di dunia. Negara ini memiliki GDP/PDB sebesar US$1.200. Meskipun, memiliki sektor pertambangan yang menjanjikan, penduduk Eritrea sangat menderita akibat dari tu gaya pemerintahan yang sangat represif.

4. Negara Mozambik

Negara Mozambik merupakan negara berpenduduk 25 juta jiwa yang terletak di Afrika bagian selatan. Negara Mozambik memiliki GDP/PDB dari Negara ini kurang dari US$1.100. Negara Mozambik dikatakan sebagai negara termiskin di dunia akibat tidak meratanya pembangunan dan kurangnya kesempatan kerja.

5. Negara Nigeria

Nigeria adalah sebuah Negara yang terletak di Afrika Barat dan memiliki jumlah penduduksebesar 173 juta jiwa. Negara dengan penduduk muslim terbanyak di Afrika ini hanya memiliki GDP/PDB sebesar US$1.070.

Namun Nigeria termasuk negara termiskin di dunia kerena ketidakstabilan politik, tata kelola kelembagaan yang buruk, dan ketergantungan dari Negara pendonor, membuat perekonomian Negara ini tidak menunjukkan peningkatan yang menjanjikan.

6. Negara Burundi

Negara Burundi juga termasuk negara termiskin di dunia karena ketidakstabilan politik, korupsi yang merajalela, dan rendahnya tingkat pembangunan. Negara kecil berpenduduk 10 juta jiwa ini terletak di Afrika Tengah. Negara ini hanya mencatat perolehan GDP/PDB sebesar US $951.

7. Negara Liberia

Liberia ternyata termasuk sebagai negara termiskin di dunia akibat dari perang saudara yang terjadi selama 20 tahun hingga mengakibatkan banyak orang buta huruf, dan korupsi yang membuat ekonomi negara ini kian rapuh. Negara Liberia memiliki penduduk sebesar 4 juta jiwa, negara ini terletak di pesisir barat Afrika. Nilai GDP/PDB Liberia berada dikisaran US $935.

8. Malawi

Malawi adalah negara yang terletak di Afrika Selatan. Per kapita GDP/PDB dari negara ini diperkirakan sebesar US $ 820. Namun akibat tingginya inflasi dan ketergantungan pada pembiayaan donor menjadi faktor negara Malawi mengalami kemiskinan yang kian parah.

9. Republik Demokratik Kongo

Republik Demokratik Kongo menjadi negara paling miskin di dunia akibat konflik masa lalu yang terus terjadi hingga kini memicu terjadinya ketidakstabilan di pemerintahan. Negara yang berpenduduk 67 juta jiwa ini hanya meraih perolehan GDP/PDB sebesar US $750.

10. Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah adalah negara termiksin di dunia dengan jumlah penduduk mencapai  4 juta jiwa. Negara ini mencatat perolehan GDP/PDB terkecil di dunia, yakni hanya sebesar US $640. Ditambah dengna tata kelola pemerintahan yang amburadul dan korupsi yang merajalela ini yang menjadikan Republik Afrika Tengah sebagai negara paling miskin di dunia.

Nah, itulah dia 10 negara yang masuk dalam kategori negara termiskin di dunia.