Amerika Pernah Pinjam Tangan Dewa Saat Perang di Vietnam

Inafeed.com – Perang Vietnam melibatkan negara Amerika harus turun di medan tempur. Negara Amerika menggunakan berbagai cara untuk memenangkan perang Vietnam. Kabarnya, kemenangan Amerika dalam perang Vietnam itu karena mereka menggunakan tangan dewa agar perang tersebut cepat berlalu.

Amerika dikabarkan telah meminjam tangan dewa untuk mengatur alam sebagai cara yang lebih efektif dibandingkan dengan menjatuhkan bom.

Pada saat itu, Amerika berharap hujan intensitas tinggi dan banjir agar bisa menyebabkan tanah longsor, menghanyutkan penyeberangan sungai, atau setidaknya mengganggu pergerakan pasukan Vietnam Utara.

Upaya mereka dalam mengatur alam pun berhasil. Dengan melakukan penyemaian awan di atas negara-negara seperti Laos dan Vietnam ini bisa membuat perang semakin cepat berlalu.

Pada era Perang Vietnam tahun 1960-an penyemaian awan sebenarnya bukan hal yang baru. Telah ada percobaan ekstensif oleh GE dan militer AS setelah Perang Dunia II. Dan ARPA bekerja dengan komputer canggih di awal 60-an untuk melihat bagaimana cuaca dapat digunakan dalam pertempuran. Tapi Operasi Popeye adalah keberhasilan penggunaan pertama yang diketahui dari teknologi kontrol cuaca dalam pertempuran.

Dari Maret 1967 hingga Juli 1972 militer AS menghabiskan lebih dari 3 juta Dollar AS per tahun melakukan operasi top secreet di Asia Tenggara. Tujuannya adalah untuk memperpanjang musim hujan dan banjir Ho Chi Minh Trail, sistem rute pasokan yang digunakan oleh musuh di Vietnam.

Berdasarkan pengakuan James Rodger Fleming, penulis buku Fixing the Sky: The Checkered History of Weather and Climate Control menjelaskan bahwa tidak jelas seberapa sukses program ini. Tapi jika ada sesuatu yang setiap orang dapat setuju atas, itu adalah bahwa program ini membuat sulit bagi militer untuk bereksperimen dengan taktik seperti di masa depan:

Beberapa mengklaim bahwa operasi popeye berhasil membuat hujan tambahan dari 1 sampai 7 inci aliran Trail Ho Chi Minh, tetapi tidak ada data ilmiah yang memverifikasi klaim. Pendapat lain mengatakan jika operasi ini suskes tentu akan berdampak besar pada keseimbangan perang. Tetapi faktanya AS tetap saja kalah di banyak bagian.

Para pejabat pemerintahan Nixon awalnya membantah adanya program ketika pertama kali bocor pada tahun 1971. Sementara pada bulan Juli 1972 New York Times telah menerbitkan kisah mereka sendiri tentang program dengan rincian baru yang panik masyarakat. Operasi Popeye bahkan memiliki penampilan cameo singkat di Pentagon Papers. Hanya beberapa hari setelah cerita New York Times muncul, Operasi Popeye ditutup.

 

iklan