Mulai sekarang jangan lepaskan balon ke udara, seperti ini nih akibatnya

Inafeed.com – Anak – anak kekinian pasti hobby membuat moment  – moment romantis dengan menggunakan balon udara. Balon – balon udara dianggap sebagai hal yang bisa bikin langit – langit menjadi indah.

Namun tahukah kamu , jika melepas balon ke udara itu ternyata tidak baik. Ada beberapa akibat fatal yang bisa terjadi jika kamu melepas balon ke udara.

Perlu diketahui jika balon-balon gas yang dilepas ke udara itu akan terbang setinggi mungkin hingga batas kapasitas sampai akhirnya ia meletus dan jatuh kembali ke tanah atau perairan.

Ternyata , balon udara yang dilepaskan itu tak hanya menggangu lalu lintas udara tetapi bisa menyembabkan polusi di lautan. Hal ini bisa terjadi karena balon yang terbang ke angkasa akan kembali ke darat atau laut menjadi sampah yang terbukti mengancam keselamatan satwa liar di alam bebas, terutama satwa laut.

Balon gas terbuat dari bahan karet atau lateks yang sulit terurai, menjadi sampah yang mengotori bumi hingga bertahun-tahun.

Menurut peneliti dari Organisasi Clean Virginia Waterways, Universitas Longwood, Amerika Serikat menemukan karet balon dalam perut penyu. Para penyu keliru menyangka balon-balon yang mengambang adalah makanan alami mereka, yaitu ubur-ubur.

Mirisnya lagi peneliti juga menemukan balon dalam perut lumba-lumba, paus, ikan, dan berbagai jenis burung laut.

Balon karet yang terperangkap dalam perut penyu menyebabkan rusaknya pencernaan penyu. Balon yang tertelan akan menghambat aliran makanan sehingga memperlambat proses pencernaan makanan. Penyu kemudian sakit dan akhirnya mati.

So, sebaiknya jangan pernah lagi melepas balon udara ya guys demi keselamatan dan ekosistem penyu yang baik.