Hati Hati! ini 6 Efek Buruk Smartphone yang sering kamu gunakan

Inafeed.com – Pengguna smartphone sepertinya menjadi salah satu orang yang akan terkena berbagai macam efek buruk dari penggunaan smartphone yang sering digunakan.

Beberapa efek buruk smartphone ini ternyata tak jarang diketahui sehingga akan menjadi hal yang fatal untuk kesehatan kamu.

Dan seperti yang dilansir dari droidlime.com, inilah dia diantaranya :

1. Phantom Pocket Vibration Syndrome

Salah satu efek buruk yang akan di dapat oleh pengguna smartphone yakni akan terjadinya gejala phantom pocket vibration syndrome. Hal ini bisa terjadi ketika kamu suka menyimpan smartphone di saku celana .

Menurut Ahli kesehatan menyebutnya dengan istilah Phantom Pocket Vibration Syndrome. Bagi Anda yang belum tahu, sindrom ini disebabkan karena getaran pada ponsel itu sendiri. Penderita akan terus merasakan getaran dari ponsel walaupun ponsel dalam keadaan tidak bergetar ataupun mati.

2. Insomnia

Insomnia ini menjadi salah satu efek buruk yang paling mudah terjadi bagi pengguna smartphone. Gejala insomnia ini ditandai dengan kondisi susah tidur dan mereka ingin terus menerus mengecek ponsel mereka.

3. Stress

Sebuah penelitian membuktikan bahwa pecandu smartphone memiliki emosinal yang lebih labil dan mudah stress. Hal ini disebabkan karena radiasi yang dipantulkan smartphone sudah masuk ke dalam jaringan otak dan menyebabkan penyakit neurodegerative alias kerusakaan otak.

4. Kuman dan Infeksi

Kamu yang punya kebiasaan meletakan ponsel di tempat-tempat kotor seperti toilet ini akan menyebabkan banyak kuman dan bakteri yang menempel pada ponsel. Kuman tersebut bisa menempel ditubuh kamu dan mengancam kesehatan kamu.

5. Infertilitas (kemandulan)

Radiasi ponsel dapat menurunkan jumlah sperma maka dari itu penggunaan smartphone berlebihan bisa menyebabkan kemandulan. Untuk itu jangan terlalu sering mengantongi ponsel di saku celana atau gunakan casing untuk melindungi dari radiasinya.

6. Spondilitis

Menggunakan ponsel dengan posisi terlalu membungkuk dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan nyeri leher yang serius. Penyakit ini bernama Spondilitis. Gejala penyakit berupa peradangan pada ruas tulang belakang, umumnya disebabkan oleh kuman tuberkulosis.

Nah, itulah dia keenam efek buruk penggunaan smartphone yang berlebihan.