Ini Dia 10 Sungai Paling Panjang dan Luas yang ada di Dunia

6

Situshiburan.com – Di dunia ini suatu negara di pisahkan dengan bentang lautan yang luas , namun selain lautan yang luas juga terdapat sungai yang luas dan dijadikan suatu penghubung antara samudra. Ada beberapa sungai di dunia ini yang tercatat menjadi sungai terpanjang dan terluas di dunia.

Sungai terpanjang dan terluas ini terdapat di sejumlah negara dan sering dijadikan sebagai wilayah transportasi air. Dan seperti yang dilansir dari daftarmenarik.com, inilah dia diantaranya :

1. Sungai Nil

1

Sungai Nil ini merupakan sungai terluas dan terpanjang di dunia mencapai 4180 mil. Sungai Nil ini pernah menjadi sejarah para Nabi , sungai ini terletak di Danau Victorial dan mengaliri diantra 9 negara yaitu Kenya, Zaire, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Ethiopia dan Mesir.

2. Sungai Amazon

2

Sungai ini merupakan sungai terluas kedua di dunia. Dengan panjang sekitar 3912 mil hingga menyumbang dari 1/5 bagian total sungai yang ada di dunia. Aliranya dimulai dari Glazer danau Fed di Peru yang kemudian mengaliri beberapa negara Amerika Latin dan berakhir tepat di Samudra Atlantik

3. Sungai Yangtze

3

Sungai Yangtze ini juga termasuk sungai terpanjang dan terluas di dunia dengan panjang mencapai 63.000 KM. Sungai ini mengaliri Tibetan dan berakhir di laut China.

4. Sungai Mississipi

4

Sungai Mississipi ini sungai terluas di dunia yang terletak di pegunungan Red Rock, Danau Itasca di Minnesota hingga bermuara di Teluk Meksiko. Selain luas , sungai ini juga termasuk sungai terpanjang di dunia dengan panjangnya mencapai 3713 mil dan mengaliri 6 negara bagian Amerika pusat

5. Sungai Kuning/Hwang Ho

5

Sungai Kuning ini juga termasuk sungai terluas dan terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 2900 mil. Sungai ini terletak di sekitar daerah Cina Utara dengan mengaliri Teluk Vhihli pada bagian barat Cina.

6. Sungai OB

6

Panjang sungai OB ini mencapai 3495 mil dan termasuk sungai terluas di dunia. Sungai OB ini mengaliti gunung Altai Rusia dan berakhir di Teluk Ob.

7. Sungai Kongo

7

Sungai Kongo atau yang sering disebut sebagai sungai Zaire ini juga termasuk sungai terluas di dunia. Sungai ini terletak di Afrika Tengah dengan memiliki panjang mencapai 2716 mil. Sungai ini mengaliri hutan terbesa Amazon dan berakhir di Samudra Atlantik

8. Sungai Yenise

8

Sungai Yenise ini juga termasuk sungai terpanjang dan terluas di dunia dengan panjang mencapai 3434 mil. Sungai Yenise ini  terletak di dekat gunung Tannu-Ola di Rusia dan berakhir di Samudra Artik.

9. Sungai Amur

9

Sungai Amur ini memiliki panjang sekitar 4444 mil dan nama sungai Amur ini diambil dari bahasa Tionghoa. Sungai ini terletak di perbatasan Timur Rusia dengan Timur laut Cina .

10. Sungai Irtish

10

Sungai Irtish ini juga termasuk sungai terluas dan terpanjang di dunia dengan memiliki panjang mencapai 2758 mil. Sungai ini berhilir di pegunungan altai Rusia yang pada akhirnya tepat di pertemuan Sungai Ob.

Nah, itulah dia sepuluh sungai terpanjang dan terluas di dunia.