Dikira hoax, foto Biawak raksasa di bawah jembatan ini ternyata asli dan bikin netizen heboh!

Inafeed.com – Natizen media sosial baru – baru dihebohkan dengan seekor biawak raksasa . Biawak tersebut ditemukan oleh seorang mahasiswa di kampus Silpakorn University, di Nakhon Pathom, Thailand tepatnya di sebuah danau.

Awalnya mahasiswi itu terlihat santai di atas jembatan dan mereka tak menyadari jika di bawah jembatan itu ada biawak raksasa.

Diketahui jika biawak raksasa itu besarnya sudah seperti buaya. Foto – foto biawak raksasa itupun menyebarluas dimedia sosial dan menjadi viral

Fotonya pertama diunggah di halaman Facebook Kidtam. Foto ini dibagikan 8.000 netizen.

Namun ada beberapa natizen beranggapan jika foto yang jadi viral ini sampai-sampai dituding hasil rekayasa foto, alias editan Photoshop.

Seperti ini foto biawaknya

Sementara itu , para mahasiswa Silpakorn University, meluruskan, bahwa biawak raksasa di kampus mereka, bukan hal aneh. Sejumlah mahasiswa di Universitas Silpakorn mengatakan, bila biawak raksasa yang berkeliaran di kampus mereka memang sudah biasa.

Menurut mereka, banyak biawak besar, karena orang-orang memberi makan mereka, seperti halnya memberi makan angsa di danau.

“Itu bukan Photoshop. Aku (kuliah) di Silpakorn. Biawak di sana setidaknya sepanjang 2 meter,”

“Yang paling besar, aku pernah melihat 3 meter, dan sangat gemuk,”

“Para mahasiswa juga memberi makan mereka,” tulis Pangnum Salapao.

Universitas Silpakorn di Thailand sendiri dikenal sebagai kampus seni.

Di dunia ini , diketahui bila biawak jenis raksasa itu hanya menyebar terbatas di beberapa pulau kecil di Nusa Tenggara, seperti di p. Komodo, p. Padar, p. Rinca dan di ujung barat p. Flores.

Biawak yang kerap ditemui di desa-desa dan perkotaan di Indonesia barat kebanyakan adalah biawak air dari jenis Varanus salvator. Panjang tubuhnya (moncong hingga ujung ekor) umumnya hanya sekitar 1 meter lebih sedikit, meskipun ada pula yang dapat mencapai 2,5 meter.

Lihat juga : Ini Dia 5 Hewan Air Paling Gede yang Pernah Ada di Dunia

iklan