Ini Nih Makanan Makanan yang Gak Boleh Kamu Makan Bersamaan Berbahaya

Daftar-Makanan-yang-Berbahaya-jika-Dikonsumsi-Bersamaan

Situshiburan.com – Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang yakni mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan pola makannya seperti suka makan  makanan secara bersamaan. Artinya mengonsumsi makanan campuran. Perlu diketahui , mengonsumsi makanan tidak boleh sembarangan . Ada sejumlah makanan yang tidak boleh dimakanan bersamaan dengan makanan lainnya. Makanan ini mengandung beberapa zat yang bisa menjadikan sebuah racun di dalam tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain.

Nah untuk itu kamu perlu mengetahui beberapa makanan yang gak boleh dimakan secara bersamaan karena bisa membahayakan kesehatan tubuh kamu.

Dan seperti yang dilansir dari pulsk.com, inilah dia diantaranya :

1. Jenis Makanan Produk Kedelai (Bean Kurd) dan Produk Susu

  • Produk kedelai + Bayam
    Kedua makanan ini tidak boleh dimakan secara bersamaan akibat bisa menyebabkan seseorang mengalam sumbatan di perut dan mempengaruhi penyerapan kalsium. Selain itu, bayam mengandung asam oksalat, yang dapat bereaksi dengan kalsium dari kedelai di dalam usus dan mmbentuk endapat tidak larut yaitu kalsium oksalat. Yang nantinya akan mempengaruhi penyerapan kalsium.
  • Kedelai + Bawang Hijau
    Ini juga termasuk kombinasi makanan yang tidak boleh dimakan secara bersamaan . Kedelai dan bawang hijau ini dapat mempengaruhi penyerapan kalsium. Bean curd mengandung banyak nutrisi seperti protein dan kalsium. Tapi bawang hijau mengandung banyak asam oksalat yang jika dikonsumsi secara bersamaan secara rutin dapat menyebabkan patah tulang.
  • Susu + Coklat
    Mengonsumsi susu dan cokelat secara bersamaan juga tidak baik untuk kesehatan. Sebab, susu mengandung protein dan kalsium, coklat mengandung asam oksalat. Dan jika dimakan secara bersamaan dapat menyebabkan diare dan gangguan sistem pencernaan lainnya.
  • Susu + Pomelo
    Mengonsumsi susu dan pamelo ini bisa menyebabkan perut kmbung . Kedua makanan ini memiliki kandungan asam yang tidak baik untuk sistem pencernaan.
  • Minuman asam laktat (yogurt dsb) + Ham
    Mengonsumsi minuman yang mengandung asam laktat bersamaan dengan Ham juga tidak baik karena bisa menyebabkan kanker. Hal ini disebabkan akibat kandungan nitrat dicampur dengan asam organik akan membentuk karsinogen yang merupakan zat penyebab kanker.
  • Susu kedelai + Telur
    Susu kedelai mengandung nutrisi termasuk protein nabati, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga tidak baik bila dikonsumsi bersamaan dengan telur karena dapat mengurangi aktivitas protease, yang membantu tubuh mencerna protein. Telur, tentu saja, sangat kaya akan protein.

2. Jenis makanan Daging

  • Daging + cuka
    Daging dan cuka juga tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena bisa menyebabkan ksehatan yang buruk dimana mereka akan mengoveraktifkan energi dan sirkulasi di dalam tubuh.
  • Daging + semangka
    Daging dan semangka juga tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit asthenia limpa, dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung.
  • Sapi + chestnut
    C
    hestnut mengandung vitamin C, yang dapat bereaksi dengan mikro di daging sapi dan mengurangi gizi chestnut dan jika dikonsumsi secara bersamaan akan menyebabkan dispepsia.

3. Jenis Makanan Seafood

  • Kepiting dan Teh
    Kepiting dan teh  bila dikonsumsi secara bersamaan bisa menyebabkan gangguan pencernaan akibat cairan lambung semakin encer dan mengganggu sistem pencernaan. Ditambah lagi jika kepiting mengandung zat tannic sebanyak kesemek.
  • Udang dan vitamin C
    Udang mengandung senyawa yang bereaksi dengan vitamin C menjadi racun arsenik. Itulah kenapa jika mengonsumsi udang jangan dicampur dengan makanan yang mengandung vitamin C.

4. Jenis Sayuran

  • Lobak putih dan wortel
    Lobak putih juga tidak baik bila dikonsumsi bersamaan dengan wortel. Kandungan di wortel dapat merusak vitamin C dalam lobak putih yang bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh.
  • Kesemek dan ubi jalar
    Buah kesemek dan ubi jalar bila dikonsumsi secara bersamaan juga tidak baik karena dapat menyebabkan penyumbatan di perut. Gula dalam ubi jalar difermentasi dalam perut, yang meningkatkan asam lambung.

Nah itulah dia beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Mulai sekarang perhatikan lagi pola makan kamu agar tidak menyebabkan resiko yang fatal bagi kesehatan.

iklan