5 Kebiasaan Sepele Manusia ini Ternyata Bisa Bikin Bumi Hancur

minum-pakai-sedotan

Situshiburan.com – Kehancuran di bumi seperti bencana alam gempa bumi , tanah longsor dan tsunami ini bukan karena kehendak Tuhan YME , tetapi juga akibat kebiasaan manusia yang buruk. Selama ini manusia tidak pernah sadar jika ternyata kebiasaan buruk secara sepele yang dilakukannya itu bisa bikin bumi hancur.

Memang beberapa kebiasaan sepele ini tidak langsung memberikan dampak besar di bumi. Namun jika kebiasaan sepele ini selalu dilakukan terus menerus tanpa adanya pencegahan , maka pada akhirnya bumi akan hancur yang bisa mengancam kehidupan manusia sendiri.

Dan buat kamu yang mau tahu apa saja kebiasaan sepele manusia yang ternyata bisa bikin bumi hancur. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Makan Pakai Sumpit

Makan pakai sumpit ini memang bisa menjadi kebiasaan banyak orang. Namun ternyata makan pakai sumpit ini menjadi kebiasaan sepele yang bisa bikin bumi hancur. Hal ini disebabkan akibat kebanyakan para pemahat kayu di China yang memiliki produksi pembuat sumpit , maka ia akan sering melakukan penebangan hutan untuk mencari kayu sebagai bahan pembuatan sumpit. China bisa memproduksi hingga 80 miliar sumpit per tahun dengan membutuhkan sekitar 20 juta pohon . Bayangkan jika pohon – pohon tersebut selalu ditebang maka pelestarian hutan pun akan punah yang membuat bumi mudah longsor dan banjir.

2. Asal Buang Pil KB

Wanita yang tak ingin memiliki anak , maka dia akan memilih untuk melakukan program KB. Namun terkadang wanita suka teledor dengan membuang pil KB sembarang. Kebiasaan ini juga bisa membuat bumi terancam hancur akibat pil KB ternyata bisa merubah ikan jantan menjadi betina dengan zat – zat yang terdapat di dalamnya. Asal buang pil KB sembarang ini bisa membuat pencemaran air laut.

3. Minum Pakai Sedotan

Minum pakai sedotan ini ternyata termasuk dalam kebiasaan sepele yang bisa bikin bumi hancur. Bayangkan saja jika setiap hari manusia minum pakai sedotan pastinya tidak mungkin mereka meminum dengan sedotan bekas sehingga setiap hari perlu menggunakan sedotan baru. Dan sampai kini tercatat ada 500 juta sedotan dibuang ke tempat sampah hingga bisa menyebabkan pencemaran udara akibat limbah plastik sedotan semakin menumpuk.

4. Cuci Tangan dengan Sabun Anti bakteri

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun anti bakteri juga bisa bikin bumi hancur. Pasalnya , sabun anti bakteri biasanya mengandung zat kimia triklosan yang bisa menyebabkan pencemaran sungai dan udara. Penelitian Johns Hopkins University Center for Water and Health, triklosan akan terurai menjadi dua jenis zat kimia yang bersifat karsinogen alias menyebabkan kanker.

5. Tak Habiskan Makan

Kebiasaan tidak menghabiskan makanan ini juga bisa bikin bumi hancur. Makanan tersisa yang dibuang ke tong sampah setiap harinya ini bisa membuat umat manusia merugi hingga USD 750 miliar per tahun. Disisi lain banyak sekali manusia yang kekurangan makanan hingga kelaparan yang pada akhirnya memungut makanan sisa dari sampah sebagai penyebab mereka menderita penyakit berbahaya hingga bisa menular ke orang lain.

Nah, itulah dia kelima kebiasaan yang bisa bikin hancur dunia.

iklan