5 Efek Buruk Media Sosial Untuk Otak Kamu

kk

iklan

Situshiburan.com – Media Sosial adalah salah satu wadah komunikasi yang bisa membuat seseorang berinteraksi ke semua teman melalui dunia maya. Namun tahukah kamu jika seseorang sering menggunakan media sosial mereka akan mengalami pola pikir yang jauh lebih buruk. Hal ini dikarenakan jika penggunaan media sosial akan memberikan efek buruk bagi kesehatan otak.

Sejumlah efek buruk media sosial yang akan kamu rasakan ketika kamu sering menggunakan media sosial diantaranya bisa mengubah tingkah laku , sikap dan pola pikir yang tidak stabil. Biasanya seseorang akan lebih suka ikut – ikutan agar dibilang kekinian.

Dan seperti yang dilansir dari Brilio.net, inilah dia 5 efek buruk media sosial untuk otak kamu.

1. Bikin kamu lebih boros

Salah satu efek buruk ketika kamu sering menggunakan media sosial yakni bisa bikin kamu lebih boros. Menurut sejumlah penelitian mengatakan jika penggunaan media sosial bisa bikin kamu susah mengontrol diri dan bisa menyebabkan pengeluaran lebih tinggi. Tak hanya itu saja penggunaan media sosial juga bisa membuat kamu lebih lupa dengan rutinitas sehari – hari.

2. Makan berlebihan

Media sosial yang menawarkan aplikasi berbagi foto makanan inilah yang bisa menyebabkan penggunanya mengalami pola makan yang buruk. Akibat selalu melihat makanan yang tampak nikmat membuatnya ingin merasakan makanan tersebut. Dalam hal ini kamu akan memiliki pola makan yang berlebihan akibat foto tersebut bisa memicu rasa lapar.

3. Mengurangi kemampuan berpikir secara mandiri

Salah satu dampak buruk ketika menggunakan media sosial yakni bisa mengurangi kemampuan berpikir secara mandiri. Media sosial bisa menimbulkan tekanan dan mempengaruhi pemikiran yang membuat kamu tidak percaya diri dan selalu ingin ikut serta dalam tren yang sedang populer. Biasanya kamu tidak ingin ketinggalan tren sehingga kamu akan terus berusaha ikut- ikutan.

4. Kurang mengapresiasi diri sendiri

Media sosial akan memberikan dampak buruk ke otak kamu dimana kamu akan mengalami kurangnya mengapresiasikan diri sendiri. Peneliti Jerman mengatakan jika seseorang yang sering online akan lebih merasa frustrasi, kesepian, dan mudah marah.

5. Takut dengan ketidakpastian

Takut dengan ketidakpastian diri sendiri ini merupakan salah satu dampak buruk jika kamu sering menggunakan media sosial. Seorang akademisi di Oxford University , Susan Greenflied mengatakan jika seseorang akan takut dengan hal yang tidak pasti , kerusuhan dan rasa tidak yakin saat dirinya melakukan percakapan atau chatting dengan teman onlinenya.

Nah, itulah dia kelima efek buruk media sosial untuk otak kamu.

iklan
iklan