Ini Alasan Kenapa Donat Bolong di Tengah

657x328-kenapa-donat-bolong-di-tengah-ini-jawabannya-asal-usul-donat-bolong-di-tengah-150603k

Situshiburan.com – Siapa sih yang tak kenal dengan donat. Kue lezat yang ada bolongannya di tengah. Donat memang menjadi cemilan yang lezat, dan cukup banyak digemari oleh orang-orang.

Namun, siapa yang tau hayo kenapa kue donat bolong ditengah ?

Seperti dikutip dari Brilio.net, donat sebenarnya berasal dari kue Belanda yang disebut dengan olikoeks yang artinya roti goreng.

Semenjak abad ke-16, banyak sekali orang Belanda yang mengarungi lautan untuk menuju ke Amerika. Saat berada dilaut pastinya mereka membutuhkan makanan bukan. Oleh sebab itu mereka selalu membawa koki untuk memasakan mereka saat berada ditengah laut.

Biasanya koki ini membuatkan kue olikeoks sebagai menu sarapan sang awak kapal. Awalnya olikeoks tidak memiliki bolongan di tengahnya.

bolongan-donat

Nah, begini nih ceritanya.

Saat itu kapalnya tengah mengarungi lautan luas, tiba-tiba badai menghantam. Kapten Gregory yang saat itu sedang makan olikoeks harus segera memegang kemudi kapal. Karena merasa bingun harus melakukan apa tanda disadari kapten langsung menancapkan kue olikoeks tersebut ke salah satu batang kemudinya.

Setelah badai telah berakhir, kapten pun baru menyadari jika tindakannya tersebut telah membuat kue olikeoks menjadi bolong di tengahnya.

Sejak saat itulah Sang Kapten meminta koki untuk membuatkan kue olikeoks yang dibolongkan ditengahnya. Nama olikeoks pun kemudian digantikan dengan nama ‘doughnut’ yaitu adonan manis yang dicampur dengan remahan kacang. Kemudian, kata doughnut mengalami peluruhan menjadi donut.

 

Nah, menarik bukan ?