6 Keanehan Mata Uang di Dunia, Salah Satunya Uang Rp 1000

20001

Situshiburan.com – Mata uang menjadi salah satu lambang interaksi transaksi dalam suatu negara. Setiap negara memiliki mata uang dengan nilai tukar yang berbeda – beda. Jika di Indonesia mata uang itu diciptakan mulai dari ratusan , ribuan , dan ratusan.

Banyak orang yang hafal dengan mata uang dan kegunaan saat melakukan transaksi. Namun tahukah kamu jika di dalam sejumlah mata uang di dunia ini memiliki keanehan tersendiri , baik bentuk dan gambar di dalamnya. Salah satunya mata uang Indonesia Rp 1.000 yang terdapat gambar smile di dekat tangan pattimura.

Mau tahu seperti apa keanehan yang ada di mata uang di dunia ini ? seperti yang dilansir dari Keepo.me, inilah dia 6 keanehan mata uang di dunia.

1. Ada Lambang Mirip Iluminati di pecahan Uang Rp 10.000

LAMABNG

Bagi kamu warga negara Indonesia, pernahkah memperhatikan uang rupiah di pecahan mata uang Rp 10.000. Dalam gambar tersebut dikabarkan jika di dalam uang Rp 10.000 ada lambang mirip Iluminati jika uang sepuluh ribu tersebut dlipat dengan menyatukan sisi bawah dan atasnya. Iluminati sendiri adalah kelompok rahasia yang kabarnya menguasai dunia seperti pemerintah negara tahun 1976 dengan simbol segitiga piramida.

2. Gambar Runtuhnya Menara WTC dan terbakarnya Pentagon

wtc-hancur

Word Trade Center (WTC) ini merupakan menara yang pernah runtuh pada tahun 2011 yang lalu. WTC ini adalah menara kembar yang ternyata terdapat di simbol mata uang Amerika dengan pecahan 20 dollar. Gambar ini akan terlihat jelas jika USD 20 dollar dilipat dengan dua sisinya saling bertemu .

3. Uang Raksasa dari Pulai Yap

uang-raksasa-2

Salah satu keanehan yang ada di mata uang yakni terdapat di negara pulau Yap di Caroline sebelah Barat Samudra Pasifik yang berkisar 10 cm hingga lebih dari 4 meter. Uang ini terbuat dari batu kapur dan dinyatakan sebagai uang terbesar yang pernah digunakan manusia di dunia ini.

4. Roti Seharga Ratusan Juta di Zimbabwe

uang-jimbabwe-mahal-3

Di negara Zimbabwe ada salah satu roti yang dijual dengan harga sangat fantastis yakni berkisar 600jt dollar. Padahal bahan dasar roti ini hanya terbuat dari bawang , garam , dan cabai. Dan akibat negara Zimbabwe ini mengalami penurunan nilai tukar yang sangat rendah sehingga tak heran bila transaksi di sana dibeli dengan jumlah uang yang mahal tetapi tidak ada nilainya.

5. Mata Uang diModifikasi Karena Benci

uangkudetaaneh3

Gejolak Politik yang terjadi pada tahun 1997, seluruh masyarakat di negara Zaire sangat membenci pemimpin negara mereka. Di mata uang Ziare tersebut terdapat wajah pemimpin Joseph Mobutu dan karena rasa benci masyaraat tersebut , mereka rela menggunting bagian wajah pemimpin tersebut sehingga tepat bagian wajah pemimpin tersebut berlubang. Namun anehnya , walaupun uang tersebut terlihat berlubang , pemerintah di sana masih menganggap sah uang Zaire tersebut untuk digunakan sebagai transaksi.

6. Ada Gambar Smile di Mata Uang Rp 1.000

mata-uang-smile-seribu

Pernahkah kamu memperhatikan pada uang Rp 1000 , mata uang Indonesia yang bergambar pahlawan asal Maluku Pattimura tersebut terdapat gambar smile. Gambar tersebut jika sekilas seperti kancing baju yang digunakan oleh Pattimura. Namun bila dilihat dengan menggunakan kaca pembesar ternyata kancing tersebut adalah gambar smile.

Nah, itulah dia keenam keanehan yang ada di dalam mata uang dunia.