Hati Hati! Sering Menggunakan Botol isi Ulang Ternyata Berdampak Buruk untuk Tubuh Kamu

Inafeed.com – Kebiasaan buruk masyarakat saat ini yakni menggunakan botol plastik sebagai wadah untuk menyimpan air dingin di dalam kulkas. Biasanya mereka yang tidak mau membuang botol plastik bekas secara percuma itulah yang digunakan untuk menyimpan air minum.

Namun tahukah kamu jika botol isi ulang air plastik ini berdampak buruk untuk tubuh kamu guys. Bukan hanya kandungan zat kimia dalam botol plastik yang memuai saja melainkan ada sejumlah bakteri yang sangat banyak dari dalam botol air minum tersebut.

Menurut EmLab P & K, sebuah layanan laboratorium pengujian lingkungan termasuk analisis bakteri, telah menguji 12 botol air dari empat jenis yang berbeda. Bakteri tersebut antara lain screw top, slide top, squeeze top, dan straw top.

Setiap botol air telah digunakan oleh seorang atlet selama seminggu tanpa dicuci.

“Berdasarkan 12 botol air yang kamu uji, kami menemukan bahwa wadah minum yang dapat digunakan kembali dapat membuat jumlah sel bakteri bertambah,” terang salah satu penguji.

“Ada lebih dari 300.000 unit pembentuk koloni per sentimeter persegi (CFU/ sq cm).”

Slide top ditemukan memiliki kandungan kuman tertinggi, dengan lebih dari 900.000 unit CFU / sq cm rata-rata.

Menurut penelitian diungkapkan jika botolnya mengandung bakteri gram positif, yang dapat menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, atau keracunan darah. Sementara, squeeze top memiliki 162.000 CFU / sq cm, screw top sekitar 160.000 CFU / sq cm, dan straw top hanya 25 CFU / sq cm.

“Dengan hasil ini, makan minum dari botol bisa lebih buruk daripada menjilati makan-makanan dari piring hewan peliharaan” ungkapknya, seperti yang dilansir dari Tribunnews.com (10/7/2017).