4 Trik Pelajaran SD ini Masih Berguna Banget Hingga Kamu Dewasa! Masih Ingat

https://today.line.me/id/article/918f7b8f93d28f4086a8ac6e61253ad886cab42fe1c7311e2b5f472b94edb63d?utm_source=facebook&utm_medium=linetodayhome&utm_campaign=home_a

Inafeed.com – Sejak duduk dibangku sekolah dasar, banyak sekali trik-trik guru mengajarkan sebuah rumus dengan menggunakan anggota tubuh. Untuk menghafalsebuah materi kadang guru melatih muridnya dengan dijadikan lirik lagu sehingga lebih mudah untuk dihafalin.

Namun tahukah kamu jika ternyata ada 4 trik pelajaran SD yang masih berguna banget hingga kamu dewasa. Dilansir dari line.me, inilah dia diantaranya:

1. Bulan dan kepalan tangan

Trik SD (Gambar:source)

Salah satu trik untuk menginggat tanggal berakhirnya bulan yakni dengan menghitung kepalan jari tangan. Kepalkan jari kamu dan mulailah hitung mulai dari ujung atas jari telunjuk yang tertekuk.

2. Hafalan desimal

Trik SD (Gambar:source)

Jika kamu lupa bagaimana caranya menghafal bentuk desimal, cara termudah adalah dengan menjadikannya kalimat mudah yang diawali dengan bentuk Romawi yang dimaksud; M (1,000), D (500), C (100), L (50), X (10), V (5), I (1).

3. Ukuran panjang

Trik SD (Gambar:source)

Salah satu trik mengukur panjang suatu benda tanpa menggunakan penggaris yakni dengan menggunakan jempol dan telunjuk. Diketahui jika panjang antara jempol hingga ujung telunjuk adalah 18 cm sedangkan satu jengkal penuh sama dengan 20 cm.

4. Sudut

Trik SD (Gambar:source)

Dan trik terakhir yang mungkin kamu dapatkan sewaktu duduk di bangku SD dan masih digunakan sampai dewasa yakni menghitung sudut. Rentangkan jauh-jauh jari kamu dan Voila! Terciptalah lima jenis sudut yang kamu butuhkan.

Nah, itulah dia keempat trik pelajaran SD yang masih berguna banget.