Katanya Makan Kangkung Bisa Bikin Ngatuk Ini Dia Faktanya Yang Wajib Kamu Ketahui

657xauto-benarkah-makan-kangkung-bikin-kantuk-ini-penjelasannya-150413j.png

Situshiburan.com –  Kangkung merupakan salah satu sayuran yang paling banyak disukai oleh orang-orang Indonesia. Namun, sayangnya mitos mengenai makan kangkung bisa bikin ngantuk membuat banyak orang tak berani memakannya.

Padahal nyatanya hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang berhasil menjelaskan atau membuktikan dengan pasti bahwa makan kangkung bisa menyebabkan rasa kantuk yang berat.

Hanya saja, buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, telah menyatakan bahwa kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah banyak (175 mg dalam satu cup kangkung). Makanan yang tinggi kalium diketahui dapat memberikan efek ngantuk bagi sebagian orang.

Tak hanya makanan yang tinggi kalium saja, makanan yang tinggi karbohidrat, apalagi yang indeks glikemik-nya tinggi, juga dapat menyebabkan rasa kantuk.

Kandungan tryptophan yang tinggi juga bisa mempengaruhi seseorang untuk tertidur. Makanan yang mengandung trytophan ini seperti keju, produk kedelai (susu kedelai, tahu atau kacang kedelai), daging, biji-bijian, telur, dan biji bunga matahari.

Nah, kangkung tak selamanya menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa kantuk. Makanan lain pun juga bisa kok. Jadi, kamu tidak perlu takut untuk mengonsumsi kangkung.