Hati Hati Beredar Minyak Kayu Putih Palsu Dipasaran, Begini Cara Mengecek Keasliannya

minyak-kayu-putih-asli

Situshiburan.com – Minyak kayu putih merupakan salah satu jenis minyak esensialyang dihasilkan dari proses penyulingan daun dan ranting dari pohon kayu putih (melaleuca leucadendra).

Pohon kayu putih itu sendiri sangat banyak ditemukan di Indonesia terutama di wilayah Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara.

Kenapa namanya disebut minyak kayu putih ? Sebab, pohon minyak kayu putih tersebut berwarna putih sehingga disebut minyak kayu putih.

Sedangkan baunya menjadi ciri khas yang bisa disukai banyak orang bahkan dibenci oleh banyak orang. Namun, fungsinya sangat baik yaitu bisa menghangatkan tubuh terutama untuk anak-anak kecil dan juga bayi.

Selain itu, minyak kayu putih ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal-gatal akibat digigit nyamuk ataupun serangga. Dapat digunakan untuk menyembuhkan perut kembung, dan masuk angin.

Namun, sayangnya baru-baru ini sudah tersebar luas minyak kayu putih palsu yang meresahkan masyarakat terutama masyarakat Indonesia.

Seperti yang dikutip dari akun Facebook Om Koes, di sana dijelaskan bahwa ada minyak kayu putih palsu yang sudah beredar di pasaran. Ia juga menyarankan untuk masyarakat lebih berhati-hati dan cermat saat membeli minyak kayu putih.

Untuk membantu masyarakat agar dapat membedakan minyak kayu putih yang asli dan yang palsu, Om Koes juga menuliskan beberapa cara membedakan minyak kayu putih yang asli dan yang palsu.

Nah, seperti ini tulisan di akun facebook Om Koes:

“Semakin maraknya tindakan penipuan yang terjadi terhadap produk dalam kemasan yang ada, hal ini pun terjadi dengan salah satu produk Cap Lang yaitu Minyak Kayu Putih Cap Lang atau biasa yang disingkat dengan singakatan MKP. Kami menemukan produk Minyak Kayu Putih Cap Lang yang PALSU dan telah beredar di masyarakat. Oleh karena itu Keluarga Cap Lang diharapkan cermat untuk membeli produk Minyak Kayu Putih Cap Lang yang ASLI.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan Minyak Kayu Putih yang ASLI.

1. Kemasan MKP ASLI lebih langsing, sedangkan yang PALSU lebih gemuk

2. Jarak antara Label MKP ASLI lebih menyempit dan rapih sedangkan PALSU lebih renggang, selain itu warna label MKP ASLI lebih cerah

3. Kemasan tutup yang ASLI embos /timbul keluar sedangkan yang PALSU embos kedalam.

4. Apabila dikocok MKP ASLI buih akan cepat hilang sendangkan yang PALSU buih yang timbul tidak hilang.”

Namun, untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat beberapa gambar perbedaan antara minyak kayu putih yang asli dengan yang palsu, dibawah ini.

2

3

4

5