Biar Lambung Kamu Gak Rusak Seperti dr. Ryan Thamrin, Seperti ini 3 Cara memasak Mie Instan yang perlu Kamu Tiru

http://www.grid.id/Leisure/Culinary/Biar-Lambung-Kamu-Nggak-Rusak-Seperti-Dr-Ryan-Thamrin-3-Cara-Memasak-Mi-Instan-Sehat-Ini-Boleh-Kamu-Tiru?page=all

Inafeed.com – Kematian dr. Ryan Thamrin memang membawa duka yang mendalam bagi keluarga dan seluruh rakyat Indonesia. Dr. Ryan Thamrin dinyatakan meninggal dunia akibat sakit lambung lantaran punya kebiasaan suka mengkonsumsi mie instan di kala muda.

Mie instan memang dianggap sebagai makanan lezat dan sangat praktik dibuat. Itulah kenapa jika mie instan dikenal sebagai makanan yang bisa mengenyangkan dalam waktu cepat.

Akan tetapi, menurut dokter spesialis Gizi Klinik Saptawati Bardsono, kandungan mi instan tidak lengkap. Gizinya tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

“Itu bukan makanan yang lengkap gizi, lho. Itu makanan darurat,” ujarnya.

Di dalam mie instan tidak terdapat kandungan gizi lengkap. Oleh karena itu, Grid.ID bersiasat untuk memberikan beberapa tips memasak mi instan yang bisa menyehatkan tapi sekaligus enak dan mengenyangkan perut pastinya!

Tips ini juga menunjukkann bagaimana cara memasak mi instan menjadi lebih bergizi dan sehat di makan. Dilansir dari Grid.id, yuk simak !

1. Masak mi sampai matang

Memasak mie yang sehat yakni memasak mie sampai matang. Sebab, jika masak mie setengah matang ini artinya kamu sama saja makan mie mentah. Memasak mie mentah membuat usus kamu harus kerja dua kali lipat untuk memprosesnya, kalau setengah matang kerjanya jadi 1,5 kali lipat.

So, agar memasak mie lebih sehat gunakan air bersih sesuai anjuran, atur besar pemanas (api) dan perhatikan waktu memasak supaya mi matang secara sempurna. Masukan mie sampai matang dan jika hendak dimakan sebaiknya makan mie dengan air rebusan baru karena air rebusan mie tadi mengandung pengawet yang tak baik dikonsumsi.

2. Kurangi Bumbu di dalam Kemasan

Salah satu bagian mi instan yang banyak dikhawatirkan orang-orang adalah bumbunya. Kandungan mono sodium glutamat alias MSG beserta garam-garaman itu bisa menghambat daya pikir otak. Belum lagi kalau kandungan si garam jadi melebihi batasan maksimal konsumsi darah kita.

Dan sebaiknya kamu racik bumbu dapur sendiri . Caranya, ambil sedikit garam, bawang putih, bawang merah, lada, ketumbar semuanya dihaluskan. Jika di dapur ada kecap asin ala pedagang bakmi, kita bisa tambahkan itu plus menggunakan saus alami, yaitu gerusan cabe dan tomat yang juga sudah ditumbuk atau dihaluskan.

3. Tambahkan sayuran, daging atau telur

Memasak mie yang sehat juga bisa dengan menambahkan sayuran, potongan daging atau telur rebus.Kalau punya udang boleh juga ikut direbus bersama dengan mi-nya. Jadi pada saat ditiriskan diganti dengan air baru tadi, kalian akan mendapat udang melingkar dan memerah.

Selain itu, masukkan irisan daun sawi hijau, wortel, tomat atau kangkung ke dalam rebusan mi instan pertama, lengkapi kebutuhan protein tubuh kita dengan menambahkan sebutir telur atau udang rebus. Kalau ada daging ayam nganggur boleh kita cincang atau suwir-suwir.

Nah, seperti itu cara memasak mie yang menyehatkan. Mau di coba ?

Walaupun ada cara memasak mie yang menyehatkan, sebaiknya jangan terus-terusan mengkonsumsi mie ya guys, karena konsumsi mie yang berlebihan itu juga tidak baik.

iklan