Ternyata Menggunakan Lotion Anti Nyamuk itu Berbahaya

lotion

Situshiburan.com – Di Indonesia ini ancaman penyakit demam berdarah dan malaria sangat tinggi akibat banyaknya tempat – tempat lembab tumpukan sampah dan tempat – tempat kotor lainnya yang memudahkan nyamuk berkembang biak. Nah, itulah kenapa jika racun nyamuk di Indonesia ini banyak dijual karena guna membasmi dan mencegah tubuh dari gigitan nyamuk. Namun tahukah kamu jika penggunaan lotion anti nyamuk itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu.

Lotion anti nyamuk ada dasanrnya memiliki kandungan bahan kimia, yang jika penggunaan secara berlebihan dapat mengakibatkan iritasi kulit dan bisa menyebabkan kanker kulit.

Seorang dr Thomas Aquino da Gomez mengungkapkan jika penggunaan lotion anti nyamuk juga berbahaya karena kandungan zat di dalamnya ini tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Umumnya lotion anti nyamuk ini memiliki kandungan Repellent yang merupakan jenis pestisida rumah tangga yang digunakan untuk melindungi kulit tubuh dari gigitan nyamuk. Tak hanya itu saja, lotion anti nyamuk juga memiliki kandungan DEET, permetrin, picaridin, citronella, cedar, dll yang biasanya digunakan sebagai pembasmi serangga.

Thomas Aquino da Gomez mengatakan jika kandungan DEET itulah yang berbahaya bagi kulit. Walaupun banyak promosi yang mengatakan lotion anti nyamuk aman, tetapi jika digunakan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker kulit.

“Walaupun dalam promosi selalu dikatakan aman, namun tetap saja ada bahayanya, terutama pada jenis lotion anti nyamuk yang mengandung DEET > 30%”, tutur Thomas Aquino da Gomez, seperti yang dilansir dari Brilio.net (18/8).

Nah, untuk itu buat kamu yang suka menggunakan lotion anti nyamuk seharusnya lebih berhati – hati dalam kandungan di dalamnya. Dan rajin – rajinlah membersihkan lingkungan sekitar untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebar penyakit seperti nyamuk malaria dan demam berdarah.