5 Hal dari Yang Unik Hingga yang Aneh di Ajang Sea Games 2017 di Malaysia

http://wow.tribunnews.com/2017/08/23/5-hal-dari-yang-unik-sampai-super-aneh-di-sea-games-malaysia-nomor-4-paling-nyesek?page=all

Inafeed.com – Ajang Sea Games 2017 yang di gelar di Malaysia ini memang punya banyak cerita yang unik. Bukan hanya soal insiden pelecehan bendera Indonesia saja tetapi ada beberapa hal unik lainnya yang mungkin tidak kamu ketahui sampai saat ini.

Dengan adanya hashtag #ShameOnYouMalaysia jadi trending topik Twitter dunia beberapa hari. Hal ini tak lepas dari beberapa kejadian yang membuat banyak orang geleng kepala.

Dari bendera Indonesia yang tercetak terbalik di buku panduan SEA Games, aksi walk out sepak takraw tim putri Indonesia dugaan kecurangan wasit hingga Timnas Indonesia U-22 yang kelaparan karena menerima makanan sisa-sisa.

Dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia 5 hal unik hingga aneh yang terjadi di ajang Sea Games 2017. Yuk, simak !

1. Sopirnya mana?

Salah satu hal unik yang terjadi pada Sea Games 2017 yakni secara tiba-tiba driver bus kontingen tim sepak bola putri untuk Myanmar menghilang. Hal ini terjadi setelah tim putri Myanmar menghajar habis-habisan tim putri Malaysia.

Skor 5-0 kemenangan mutlak untuk Myanmar. Sejak saat itu, sopir bus pengantar tim putri Myanmar ke hotel tak kelihatan batang hidungnya, hingga mereka menunggu hampir tengah malam sampai pukul 23.40 waktu setempat baru diantar ke hotel.

Hal ini seperti postingan akun @WulanRhm yang posting ulang cuitan serta foto akun @ko_zay yang mengabarkan peristiwa memalukan tersebut.

2. Atlet istimewa dengan kawalan VVIP

Salah satu hal unik pada Sea Games 2017 yakni ketika seorang atlet yang mendapat perlakuan istimewa dengan pengawalan ketat, alasannya karena atlet tersebut ternyata orang penting. Wanita yang cantik itu tak lain adalah Sirivannavari Nariratana.

Sirivannavari Nariratana merupakan putri Raja Thailand saat ini, Vajiralongkorn, atau cucu dari mendiang Raja Bhumibol. Putri raja ini awalnya geluti olahraga bulu tangkis dan pernah sumbangkan emas di nomor beregu putri pada SEA Games 2005

Beberapa tahun ini ia kemudian beralih ke olahraga berkuda. Di ajang SEA Games 2013 dan Asian Games 2014, dia bersama kudanya yang bernama Prince Charming juga ikut ambil bagian.

Aparat dari Malaysia, seperti STAFOC ikut dikerahkan untuk menjaga sang putri. Sebanyak 16 polisi dan anggota STAFOC ditempatkan untuk memantau pergerakan sang putri sepanjang waktu saat pertandingan. Sementara 24 petugas lainnya ditugaskan mengawasi dari luar.

3. Bendera negara ini juga salah

Selain bendera Indonesia yang dilecehkan karena di pasang terbalik di buku panduan, ternyata Brunei Darussalam negara yang bertetangga sangat dekat ini juga ‘terlukai’. Hal ini karena logo bendera Brunei salah. Postingan akun Twitter @Nicho_Lintang.

“OMG they put wrong Brunei’s flag too. I mean, are we neighbor? You guys really need to learn how to respect #ShameOnYouMalaysia,” cuit akun tersebut dipostingan foto bukti bendera Brunei yang salah.

4. Banyak yang bilang 8 juri kukuh poin 9 untuk Malaysia

Indonesia seharusnya masih memiliki kesempatan untuk menang tapi karena dugaan keberpihakan ini yang bikin netizen Indonesia pada umumnya ‘terlukai’. Tim Panahan Indonesia harus gigit jari gara-gara poin yang meragukan dari tim Malaysia tapi oleh juri dimasukkan ke poin yang lebih besar.

Kisah ini jadi viral setelah sebuah akun Instagram @badmintontalk_com mengunggah hal tersebut.

Kronologi Polda Jatim Tembak Mati Pelaku Kejahatan Narkoba, Sempat Melawan Pakai Batu Paving! Tim Panahan Indonesia bisa saja menang tapi harus gigit jari dan puas dengan medali perak dengan keputusan juri.

Berikut unggahan @badminton_talk.

“Another controversy at SEA Games 2017?”

“There is one doubtful result in archery final between Indonesia and Malaysia.”

“See the Malaysian target photo for detail.. 8 or 9?”

“Just asking.”

Indonesian:

“Kontroversi lagi?”

“Ada satu hasil yang meragukan di final panahan antara Indonesia dan Malaysia.”

“Cek foto target Malaysia ini. Menurut kalian 8 atau 9?”

“Mimin tanya aja ya… mungkin ada yang ahli disini?”

“Katanya udah confirm 9 sih, tapi ya ga tau ya.”

“Di set penentuan jika skor 50-50, maka kedudukan akan menjadi 2-4 sehingga berlanjut ke set ke-4.”

“Sementara dengan hasil menurut juri, panah yang “meragukan” (lingkaran merah) itu dihitung 9 sehingga skor akhir 51-50 untuk Malaysia yang artinya Malaysia menang dengan hasil 5-1.”

” Jadi ini skor akhirnya:
Full Time
Women’s Team Recurve Final
INA 1-5 MAS (50-57 55-55 50-51)”

“Sistem: best of 8 (4 sets), menang 2, seri 1.”

“Dengan hasil begini, Malaysia mendapatkan medali emas dan Indonesia memenangkan medali perak di beregu putri.”+

“Sumber: SEA Games 2017 official channel.”

“#archery
#girls #kualalumpur #malaysia #seagames2017 #keren
#gold #medal #emas #juara
#champion #winner
#power #brilliant #amazing #incredible
#kece #awesome #crazy #asian #allthebest #ganteng #badminton
#badmintonplayer #love #indonesia #bulutangkis #羽毛球 #バドミントン #배드민턴.”

Demikian postingan akun tersebut.

Postingan ini menuai protes netizen, sebagian besar mengatakan kalau poin panahan tersebut seharusnya masuk 8 bukan 9.

“Itu jelas 8 min. Kalo masuk angka 9 itu agak geser sedikit.. bener gag fair itu kompetisi nya. Sportifitas nol banget,” tulis akun @djawa_id.

“Kalo malaysia menang dengan kata curang apa arti nya emas atau piala yg dia pegang , sama aja lu megang piala kosong yg tanpa ada isi kebangga an dan kehormatan :),” imbuh @suryono_adii.

5. Tiket terbatas kasih dong layar tancep

Tiket yang disediakan atau kursi penonton yang tak mencukupi tapi panitia tak berinisiatif pasang ‘layar tancep’ yang memungkinkan fans bisa melihat pertandingan dari luar.

akun Mio‏ @minaspeach_0324 mengunggah foto dan keterangan mengagetkan.

“In Myanmar Vs Laos match they didn’t sell tickets enough for audience and have to watch outside of the stadium like this #ShameOnYouMalaysia,” tulisnya.

Nah, itulah dia kelima hal unik yang terjadi pada Sea Games 2017.

iklan