5 Konser Musik Rock Maut Paling Banyak Makan Korban Jiwa

kk

Situshiburan.com – Sebuah konser memang bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan dimana seseorang bisa bersenang – senang melepas semua kegundahan. Jika ada sebuah konser pasti disitu juga menjadi tempat keramaian. Nah, konser yang dihadir ratusan hingga ribuan orang ini juga bisa menjadi tempat yang naas . Sebab , ketika seseorang sudah mabuk konser maka mereka akan tidak peduli dengan orang lain yang bisa jadi menyebabkan kematian.

Ada sejumlah konser musik Rock yang selama ini dinyatakan sebagai konser musik maut karena paling banyak memakan korban jiwa bila konser tersebut diselenggarakan. Sebab, para penonton kerap merayakan konser rock disertai dengan minuman beralkohol agar mereka lebih energik namun membuat mereka hilang kesadaran sehingga membahayakan penonton lainnya.

Dan seperti yang dilansir dari wowmenariknya.com, inilah dia 5 konser musik Rock maut paling banyak makan korban jiwa.

1. The Who, di Cincinnati – 11 orang di Injak sampai Mati

1

Salah satu kosnser rokck maut yang paling banyak memakan korban jiwa yakni konser The Who yang diselenggarakan di Cincinnati, Ohio pada 3 Desember 1979. Konser The Who ini dhadiri oleh ribuan penonton yang berdesakan akibat tidak kebagian tembak sehingga membuat mereka nekat menerobos pintu gerbang. Dengan kondisi yang berdesakan dan dan terjadi sebuah kerusukan sehingga membahayakan penonton yang tercatat ada 11 orang terinjak – injak sampai mati dan 23 orang lainnya luka – luka. Saat mengetahui jik ada beberapa penonton yang meninggal The Who masih tetap mamainkan lantunana musik rocknya dan akan melakukan konser Buffalo untuk menghormati fansnya yang meninggal.

2. Metallica dan Guns N’ Roses di Monteral – Kerusuhan Massa

2

Konser Metallica dan Guns N’ Roses ini menjadi konser band Rock paling terkenal di dunia yang pada saat itu diselenggarakan di Stadion Olimpiade Monteral pada 8 Agustus 1992. Konser yang dihadiri penikmat musik rock dan metal ini ternyata menyebabkan sebuah kerusuhan ketika sang vokalis James Hetfield mengalami luka bakar pada kedua tangan, wajah dan punggungnya karena kesalahan efek piroteknik sehingga membuat konser tersebut dihentikan selama 25 menit. Akan tetapi, konser itu tak langsung berlanjut. Hinga penonton telah menunggu waktu 2 jam, tiba – tiba saja Rose mengatakan jika konser ini akan dihentikan. Penghentian konser tersebut pun memancing kemarahan para penonton hingga membuat mereka nekat melempar sampah ke stadion, membakar mobil serta membakar baju Roses. Tak hanya itu saja, para penonton juga nekat merusak beberapa fasilitas umum, seperti mencabut lampu, menjarah toko-toko di dekat lokasi konser, dan bahkan menggulingkan mobil polisi.

3. Metallica di Jakarta – Kerusuhan

3

Konser Metallica yang pernah diselenggarakan di Jakarta pada April 1993 ini juga menuai sejumlah kerusuhan yang dilakukan oleh para penonton. Kerusuhan itu terjadi ketika bus yang mengangkut personil Metallica sampai di tempat hingga membuat banyak fans fanatic berusaha menghampirinya. Namun karena larangan petugas keamanan sehingga memancing amarah para penonton hingga membuat penonton melemparkan sejumlah batu , 60 mobil hangus dibakar oleh massa hingga menyebabkan banyak penonon luka – luka. Konser tersebut dihadiri oleh 100.000 penonton yang secara bebas masuk dengan membawa tiket atau tidak karena kondisi pintu stadion yang terbuka lebar akibat pihak keamanan telah kuwalahan mengatasi kerusuhan yang sedang berlangsung itu.

4. Pearl Jam di Denmark – 9 Orang Mati

4

Konser Rock yang juga memakan korban jiwa yakni konser Pearl Jam yakni grup band rock Seattle yang pada saat itu menggelar Festival di Denmark . Konser tersebut di hadiri oleh 50.000 penonton yang terlihat membuat sejumlah kerisuhan dengan saling mendorong dalam upaya mendapatkan posisi di depan panggung. Walaupun kondisi tersebut sudah di atur, namun tampaknya para penonton masih saja kekurangan tempat sehingga mereka pun rela tergelincir di atas tanah berlumpur . Saat mereka berada di tanah berlumpur itu banyak sekali penonton yang kesusahan bergerak hingga membuat mereka terinjak – injak oleh penonton lainnya dan menyebabkan sembilan orang tewas dalam insiden itu. Di tambah lagi jika saat konser itu berlangsung , cuaca sedang tidak bersahabat , banyak yang mabuk alkohol dan keamanan yang buruk sehingga membuat Pearl Jam trauma dan membatalkan konser lanjutannya di Eropa.

5. Great White di Rhode Island – Kematian Massal Akibat Kebakaran Api

5

Konser Rock maut yang juga memakan korban jiwa para penontonnya adalah konser Great White di Rhode Islan. Konser yang pada saat itu diselenggarakan pada Februari 2003  di West Warwick, Rhode Island, AS, ini mengalami insiden kebakaran api yang menawaskan banyak orang termasuk para penontonnya. Insiden kebakaran tersebut diketahui akibat penyalahgunaan kembang api yang membuat lokasi konser jadi lautan api. Dari insiden tersebut tercatat ada 230 orang luka-luka dan 100 orang tewas termasuk gitaris Great White, Ty Longley.

Nah, itulah dia kelima konser musik Rock yang terkenal konser musik maut karena memakan korban jiwa.