Tahukah Kamu Ternyata Mengucek Mata Itu Sangat Berbahaya

 d46d92da63ce41e58f47d97b9ddcc37c

Situshiburan.com – Mengucek mata saat mata terasa gatal merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang. Tanpa mereka sadari ternyata mengucek mata malah akan membahayakan mata mereka sendiri loh.

Mengucek mata bisa melemahkan otot yang ada di mata, sehingga setelah mengucek mata maka mata akan berubah menjadi merah dan terasa perih. Hanya karena ingin menghilangkan rasa gatal pada mata, kamu malah akan membahayakan mata itu sendiri.

“Mengucek mata, yoga dengan kepala di bawah, tidur dengan wajah menempel pada bantal atau berenang merupakan berbagai aktivitas yang bisa menyebabkan penekanan mata meningkat,” ujar Professor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam jurnal yang telah dipublikasikan berjudul Optometry and Vision Science, seperti dilansir Pulsk.com.

Tahukah kamu bahwa saat mengucek mata, akan memberikan tekanan yang sangat tinggi pada mata, bahkan mengalahkan tekanan yang diberikan cahaya lampu ketika mengenai mata.

Saat mengucek mata, maka terjadi efek kombinasi menutup mata dan kekuatan mengucek mata yang bisa meningkatkan tekanan lebih tinggi lagi. Mengucek dengan keras bisa meningkatkan tekanan hingga 10 kali lebih tinggi dibanding tekanan normal!

“Tekanan yang normal akan memberikan konsekuensi yang sedikit, tapi tekanan pada mata yang kuat dalam jangka waktu yang lama dan terjadi secara berulang bisa memberikan kontribusi pada kerusakan mata seperti glaukoma, lebih cepat terkena rabun jauh, conical kornea atau bisa juga menyebabkan kebutaan,” ujar Professor Charles McMonnies.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu harus menghindari beberapa aktivitas yang dapat membahayakan kesehatan mata, seperti tidur dengan wajah tertunduk, mengucek mata,  menunduk karena bisa meningkatka tekanan pada mata.

Jadi, jika mata terasa gatal jangan sekali-kali kamu menguceknya. Kamu bisa menggunakan tisu dan usapkan secara lembut untuk menghindari  kontak yang berlebihan.