Beberapa Hal yang Wajib Kamu Ketahui Seputar Kesurupan

fakta-tentang-kesurupan-c703

Situshiburan.com – Kebanyakan warga Indonesia mempercayai bahwa kesurupan terjadi akibat roh makhluk halus yang memasukan tubuh manusia.Tapi ternyata menurut beberapa pakar psikologis kesurupan bukanlah disebbakan oleh roh atau makhluk halus.

Menurut beberapa pakar psikologis, kesurupan bukanlah disebabkan adanya roh atau makhluk halus yang merasuki tubuh manusia, tetapi kesurupan disebabkan seseorang memiliki keyakinan yang kuat terhadap agama dan kepercayaannya yang kemudian mensugesti dirinya sendiri.

Seorang psikolog yang bernama Susan Blackmore mengatakan bahwa orang-orang yang tinggal di lingkungan religius akan lebih mudah mengait-ngaitkan hal tersebut dengan keberadaan makhluk halus.

“Kasus kesurupan tersebut diperkirakan muncul karena anggapan masyarakat dengan sisi keagamaan yang kuat terlalu membesar-besarkan atau mengaitkannya dengan keberadaan makhluk halus,” ungkap Blackmore seperti yang dilansir m.infospesial.net.

Gary Thomas yang bekerja di Vatikan juga mengatakan bahwa 90 persen orang yang kesurupan bukan karena dirasuki makhluk halus, tetapi membutuhkan bantuan psikologis.

Orang kesurupan yang bertingkah aneh atau berkata aneh bukanlah karena adanya makhluk halus, tetapi orang tersebut lah yang sudah mensugesti dirinya sendiri untuk berlaku aneh.

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya kesurupan, diantaranya adalah faktor gangguan pada sistem saraf, gangguan pada sisi psikis, spiritual, sosial dan juga psikologis.

Jika dalam istilah kedokteran, kesurupan ini merupakan pergantian indentitas pribadi yang lama dengan yang baru. Sehingga mereka sering bertingkah aneh dan juga berkata yang tidak masuk akal.

Sedangkan dari faktor saraf, kesurupan ini terjadi karena sistem limbic dalam tubuh manusia yang mengatur emosi,perilaku dan lainnya dari otak, sehingga membuat seseorang mengalami gangguan.

Selain itu, kesurupan juga dianggap sebagai penyakti psychosis, seperti halusinasi, katatonia, pemikiran yang aneh sampai dengan delusi.