Ini Alasan Kenapa Orang Sering Telat datang Padahal Sudah Bikin Janji

657xauto-ini-penjelasan-kenapa-orang-suka-ngaret-padahal-sudah-bikin-janji-1507319-rev1

Situshiburan.com – Telat alias datang terlambat merupakan kebiasaan kebanyakan orang yang tak bisa dihilangkan. Kebiasaan ini membuat banyak orang yang tepat waktu menjadi jengkel atau kesal dengan orang yang tidak tepat waktu. Apa lagi saat membuat janji pada orang yang tidak tepat waktu, pastilah sangat menjengkelkan bukan.

Tapi, kamu tidak boleh langsung menganggap bahwa orang yang sering datang terlambat merupakan orang yang memang malas dan tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Kamu harus tahu bahwa hal ini terjadi karena hanya perbedaan kepribadian saja.

Ahli psikologi dari San Diego State University, Jeff Conte, mengatakan bahwa perbedaan kepribadian bisa mempengaruhi seseorang dalam mempresepsikan waktu.

Kamu harus bisa memahami kepribadian setiap orang yang membuat janji padamu. Jadi, kamu bisa memahami jika dia datang terlambat saat ada pertemuan penting.

Namun, dalam penelitian yang dilakukan oleh Jeff pada tahun 2003 silam, mengatakan bahwa orang yang sering bekerja secara multitasking sering kali terlambat dalam pekerjaan mereka. Penelitian ini dilakukan pada 181 pekerja operator kereta api di New York. Mereka seringkali merasa tak sadar dengan apa yang mereka lakukan, sehingga sering terlambat.

Seperti dilansir Brilio.net, sebelumnya Jeff pernah melakukan studiĀ  dengan menggolongkan dua tipe. Tipe A individu yang berorientasi dengan prestasi, tangkas, dan suka berdebat. Sedangkan tipe B individu yang lebih santai dan cenderung suka terlambat.

Hasilnya, kelompok Tipe A menilai bahwa waktu 1 menit setara dengan 58 detik. Sedangkan Tipe B menganggap bahwa 1 menit sama dengan 77 detik. Perbedaan inilah yang membuat seseorang sering terlambat.