6 Fakta Tentang Ka’bah ini Banyak Orang Yang Pasti Gak Mengetahuinya

Unik, Namun 6 Fakta Tentang Ka’bah Ini Jarang Terpublikasi

Situshiburan.com – Ka’bah merupakan adalah Bait Suci atau tempat beribadah kepada Allah yang pertama kali didirikan di muka bumi. Bangunan ini berbentuk kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram di Mekah. Ka’bah adalah monumen suci bagi kaum muslim (umat Islam) dan merupakan bangunan yang dijadikan patokan arah kiblat atau arah patokan untuk hal-hal yang bersifat ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia seperti salat.

Sebenarnya informasi tentang Ka’bah ini sudah banyak disampaikan seperti Ka’bah sebagai pusat bumi, ka’bah sebagai pemancar gelombang magnet terkuat di semesta, dan  pegetahuan lain yang fenomenal terkait rumah Allah SWT ini.

Namun, ternyata Ka’bah memiliki banyak keajaiban yang hampir tidak diketahui oleh banyak orang. Nah, berikut ini ada enam fakta tentang Ka’bah yang banyak orang tidak mengetahuinya.

Seperti dilansir infounik.com, inilah dia ke enam ulasannya.

1. Dahulu Ka’bah Memiliki Dua Pintu dan Satu Jendela

Saat ini Ka’bah hanya memiliki satu pintu dengan tinggi mencapai tiga meter lebih 18 sentimeter dan lebar 171 sentimeter. Pintu tersebut merupakan akses satu-satunya untuk masuk ke bangunan ini. Padahal, dahulu Ka’bah memiliki dua pintu dan satu jendela. Namun, sampai saat ini tidak ada yang mengetahui siapa pembuat dua pintu dan satu jendela tersebut.

Sedangkan pintu yang ada saat ini dibuat oleh Raja Khalid bin Abdul Aziz. Ia merupakan orang yang paling banyak menyumbang untuk membuat pintu Ka’bah tersebut.

2. Dahulu Penutup Ka’bah Berwarna Warni

Saat ini kamu hanya bisa melihat Ka’bah dengan warna hitam karena ditutupi oleh kain Kiswah hitam dengan pita bertinta emas. Tapi, kamu harus tahu bahwa dulu Ka’bah pernah ditutupi dengan Kiswah beberapa warna termasuk hijau, merah dan bahkan putih. Namun, karena tradisi penggunaan kiswah berwarna hitam adalah sejak  zaman dinasti Abbasiyah dan bertahan hingga saat ini.

3. Kunci Ka’bah Dipegang Satu Keluarga

Sejak zaman Nabi Muhammad SAW hingga sekarang ternyata kunci Ka’bah hanya dipegang oleh satu keluarga saja yaitu keluarga Osman bin Thalhah dari keluarga Bani Shaiba. Nabi Muhammad telah mempercayai keluarga Osman bin Thalhah dari keluarga Bani Shaiba untuk memegang kuncin Ka’bah.

“Ambillah, Bani Thalhah, selamanya sampai hari kiamat, dan tidak akan diambil dari Anda kecuali oleh orang yang tidak adil, tiran yang menindas.”

4. Dalam Ka’bah Berisi Plakat Mengenang Penguasa yang Merenovasi

Selama ini banyak orang yang tertanya-tanya apa sebenarnya isi didalam Ka’bah. Salah satu orang yang beruntung masuk mengambil gambar dalam Ka’bah dengan kamera ponsel. Dengan rekaman itu jutaan manusia telah melihat melalui video online yang buruk kualitasnya.Ternyata bagian dalam Ka’bah terdapat plakat yang memperingati setiap renovasi rumah Allah ini. Dan diatasnya ditutupi dengan kain yang berwarna hijau.

5. Dulu Terbuka untuk Semua Orang

Tahukah kamu bahwa dulunya Ka’bah terbuka untuk semua orang. Ka’bah dibuka dua kali dalam seminggu dan semua orang bisa masuk ke dalamnya, bahkan bisa melaksanakan sholat didalam Ka’bah. Tapi sekarang, Ka’bah tidak unutk umum lagi, sangat susah untuk bisa masuk ke dalamnya. Hanya tamu-tamu khusus saja yang bisa masuk ke dalam Ka’bah.

6. Ternyata Ada Dua Ka’bah

Ternyata ada dua Ka’bah yang dipercayai oleh umat muslim. Ka’bah yang ada di bumi atau di Mekah merupakan replika ka’bah yang ada di langit. Ka’bah di langit disebut dengan  Baitul Makmur sebagaimana telah disebutkan didalam hadist.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda menceritakan tentang perjalanan Isra’ dan Mi’rajnya pada saat melewati langit ke tujuh:  “Kemudian aku diangkat menuju Baitul Makmur, padanya masuk (datang) setiap hari 70.000 malaikat yang tidak akan kembali lagi.”

Ibnu Katsir mengatakan, “Mereka beribadah dan bertawaf sebagaimana penduduk bumi tawaf di Ka’bah mereka. Demikian juga Baitul Makmur, ia adalah Ka’bah penduduk langit ketujuh. Oleh karena itu, didapati Nabi Ibrahim Al-Khalil alihisshalatu wassalam menyandarkan badannya pada Baitul Makmur karena ia telah membangun Ka’bah di bumi.”

Itulah dia fakta tentang Ka’bah yang masih tidak diketahui oleh banyak orang.