9 Mall di Indonesia ini Ternyata punya Kisah Horor. Bikin Merinding Yang Baca

https://www.brilio.net/serem/9-mall-di-indonesia-ini-diliputi-kisah-horor-yang-bikin-kamu-merinding-1709288.html

Inafeed.com – Mall menjadi pusat pembelanjaan yang paling banyak dikunjungi masyarakat karena fasilitas yang memumpuni dan begitu mendukung. Namun harga di mall tentu saja berbeda jauh dengan harga di toko-toko biasa karena mungkin ada tarif pajak dan lain sebagainya.

Kebanyakan mall di Indonesia dibangun dengan beberapa tingkat hingga ada mall yang dibangun sampai 6 tingkat. Dan tak dipungkiri pula jika selama pembanguna mall seringkali terjadi hal-hal mistis terjadi.

Bahkan kali ini ada 9 mall di Indonesia yang ternyata punya kisah horor dan bisa bikin kamu merinding membacanya. Dilansir dari Brilio.net, inilah dia diantaranya:

1. Yogya Department Store (Mall Klender) – Jakarta.

Mall berhantu (gambar:source)

Salah satu mall di Indonesia yang punya cerita horor yakni Yogya Department Store atau mall di kawasan Klender. Mall yang ada di Jakarta Timur ini punya sejarah kelam di mana menjadi tempat kematian massal saat tragedi Mei 1998. Konon, Mall Klender ini sengaja dibakar oleh oknum, sementara pada saat itu mall tersebut masih banyak pengunjung dan karyawan.

Kebakaran tersebut memakan banyak korban jiwa. Usai kebakaran, banyak orang yang mengaku mengalami hal mistis seperti melihat penampakan sosok gaib, mendengar suara minta tolong, dan lain-lain. Sampai saat ini, bangunan pusat perbelanjaan ini pun masih berdiri kokoh. Mall yang dulunya ramai dikunjungi, sekarang berubah 180 derajat menjadi sepi.

2. HERO Swalayan (XXI Empire) – Yogyakarta.

Mall berhantu (gambar:source)

Bioskop Empire XXI atau yang terletak di HERO swalayan ini juga menjadi salah satu mall yang punya cerita horor. Pada tahun 1999, bioskop Reagant mengalami kebakaran yang mampu menghanguskan seluruh gedung. Kejadian tersebut memakan korban jiwa di mana 15 korban melayang. Usai kejadian tersebut, gedung tersebut dibiarkan terbengkalai kurang lebih 10 tahun. Hingga akhirnya kembali dibangun menjadi gedung bioskop seperti saat ini. Gedung bioskop ini dipenuhi cerita mistis terlebih saat nonton di jam-jam tengah malam atau midnight.

3. Mega Mall (Supermall Karawaci) – Tangerang.

Mall berhantu (gambar:source)

Mega Mall yang ada di Tangerang ini juga menjadi salah satu pusat pembelanjaan yang punya cerita horor. Pada tahun 1998, Mega Mall atau Supermall Karawaci di Tangerang juga menjadi saksi bisu kerusuhan 1998. Mall tersebut menjadi lokasi penjarahan sekaligus kerusuhan hingga pembakaran.

4. Delta Plaza – Surabaya.

Mall berhantu (gambar:source)

Mall megah di Jalan Pemuda Surabaya, Delta Plaza Surabaya ini juga ternyata punya kisah menyeramkan. Gedung perbelanjaan ini tahun 1980-an merupakan sebuah rumah sakit bernama Rumah Sakit Simpang atau Centrale Burgerlijke Ziekenhuis (CBZ).

Rumah Sakit Simpang menjadi rumah sakit yang menangani korban pertempuran di Surabaya. Konon kisah seram ini bermula dari adanya suster atau perawat yang tewas terjepit lift. Arwah dari perawat ini pun sering menampakkan diri.

5. Mitra Plaza – Banjarmasin.

Mall berhantu (gambar:source)

Mitra Plaza di Banjarmasin, Kalimantan Selatan juga menjadi saksi bisu dari kerusuhan Mei 1997 silam. Kejadian yang terjadi pada 23 Mei 1997 ini menjadi hari penuh darah usai dilaksanakannya kampanye pemilu legislatif. Konflik antarpendukung partai pun tak terbendung hingga menimbulkan korban jiwa.

Tak hanya kucuran darah yang muncul, beberapa bangunan ibadah seperti gereja, sekolah, rumah panti jompo, kantor pemerintahan, hingga mall Mitra Plaza jadi amukan masa. Gedung-gedung tersebut dibakar masa dan dijarah. Ratusan pengunjung mall pun menjadi korban kebakaran. Bermula dari tragedi tersebut, gedung yang kini masih menjadi mall ini pun diwarnai dengan nuansa horor.

6. Slipi Jaya Mall – Jakarta.

Mall berhantu (gambar:source)

Slipi Jaya Mall yang terletak di Jakarta Barat ini juga menyimpan cerita-cerita horor yang bikin bulu kuduk merinding. Konon katanya, Slipi Jaya Mall juga menjadi sasaran kerusuhan tahun 1998. Konon makhluk gaib yang suka muncul ini adalah arwah korban kerusuhan hingga beberapa orang pernah menyaksikan bagian tubuh manusia yang terbakar di mall.

7. Ambarukmo Plaza – Yogyakarta.

Mall berhantu (gambar:source)

Ambarukmo Plaza ini adalah Mall besar di Yogyakarta yang terletak di Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Tempat tersebut dulunya bernama Pesanggrahan Ngambarrukmo. Sebelumnya, lahan tersebut seperti hutan belantara namun seiring perkembangan zaman, mulai dibangun gedung.

Sejak awal didirikan, Mall Amplaz ini telah memakan banyak korban jiwa. Konon ada yang menyebut para korban dimakamkan di dekat fondasi bangunan mall. Kini usai kejadian tersebut, tak sedikit orang yang sempat melihat penampakan makhluk gaib di Amplaz.

8. Royal Plaza – Surabaya.

Mall berhantu (gambar:source)

Mall Royal Plaza ini adalah Mall modern ini menyimpan banyak kisah yang menyeramkan penuh misteri. Selama ini Royal Plaza dikenal sebagai istana hantu yang sangat mengerikan. Dahulu di sekeliling gedung banyak tumbuh ilalang yang kerap muncul penampakan orang berbaris bak karnaval jubah hitam. Setelah diamati lagi, sosok tersebut hilang dari peredaran.

9. Sun Plaza – Medan.

Mall berhantu (gambar:source)

Dan mall terakhir di Indonesia yang punya kisah misterius yakni Sun Plaza atau Mall di Medan. Cerita horor di mall ini bermula dari adanya peristiwa bunuh diri pada tahun 2006 silam. Seorang wanita terjun dari lantai empat dan akhirnya meninggal di tempat. Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2014 satpam yang bertugas ditemukan tewas tertikam dalam kamar mandi.

Mall berlantai enam di Medan ini pun memberikan suasana mencekam. Banyak pengunjung merasa seolah diikuti oleh satpam padahal tidak ada sosoknya. Bukan hanya itu, pengunjung juga kerap mendengar suara-suara tak wajar.

Nah, itulah dia 9 mall di Indonesia yang punya kisah horor.