5 Hal Ajaib ini Akan Dilakukan Oleh Otak Ketika Kamu Tidur

29

Palingseru.com – Tidur merupakan kebutuhan manusia setiap harinya. Manusia menghabiskan sepertiga dari hidupnya untuk tidur. Tidur wajib dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh dan organ tubuh didalamnya.

Tapi, meskipun manusia tertidur, ternyata organ dalam manusia tidak berhenti bekerja loh. Organ tubuh tetap bekerja hanya saja kerjanya tidak seberat saat manusia tidak tidur.

Salah satu organ dalam yang masih bekerja saat manusia sedang tidur adalah otak. Otak tetap bekerja dan bahkan melakukan banyak hal saat manusia tertidur.

Ada sekitar lima hal ajaib yang akan dilakukan oleh otak ketika kamu tidur. Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Terselubung.in.

1. Membuat keputusan

Saat kamu terlelap ternyata otak masih bekerja bahkan otak juga bisa membuat keputusan secara efektif saat tidak sadar. Ternyata saat tidurmemproses rangsangan yang kompleks  dan menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan saat terjaga.

2. Menciptakan dan mengkonsolidasikan memori

Tahukah kamu saat tidur otak akan menciptakan memori baru dengan mengkonsolidasi memori yang sudah tua dengan memori yang baru sehingga memori tersebut dapat diperbarui. Denga memori baru itu kamu bisa  merekam informasi baru dan menyimpannya untuk di ingat kembali. Jadi, berpikirlah puluhan kali sebelum memutuskan untuk bergadang, karena kekurangan tidur bisa merusak kerja otak.

3. Membuat koneksi kreatif

Tak hanya menciptakan memori baru, saat tidur otak juga membuat koneksi kreatif. Saat tidur otak akan menjadi rileks, dalam keadaan rileks  otak akan  berpikir tanpa sadar sehingga membuat koneksi baru yang mengejutkan.

4. Menghapus racun

Saat tidur otak juga dapat melakukan bersih-bersih. Otak akan  membersihkan molekul perusak dan membersihkan racun-racun yang ada didalam otak.

5. Belajar dan ingat bagaimana melakukan tugas-tugas fisik

Saat tidur otak juga belajar dengan cara mengingat kembali ingatan jangka pendek yang berkaitan dengan tugas-tugas fisik, seperti berlatih gerakan tarian baru, mengemudi dan lainnya.

Nah, itulah dia ke lima hal ajaib yang dilakukan oleh otak saat tidur.

 

 

iklan