Percaya Gak Kamu, 6 Negara ini Ternyata Menggunakan Bahasa Jawa Untuk Saling Komunikasi

index

Situshiburan.com – Indonesia merupakan negara yang dihuni  sebagian besar oleh suku Jawa. Bahasa Jawa pun menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan oleh orang-orang Indonesia didaerah tertentu seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat khususnya wilayah pantura, kabupaten Serang, Tangerang, dan daerah lainnya yang dihuni oleh warga suku Jawa.

Mungkin kamu berpikir bahwa bahasa Jawa hanya digunakan di Indonesia saja. Tapi nyatanya, di negara lain pun juga ada yang menggunakan bahasa jawa dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, mau tau negara mana saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Republik Suriname

Republik Suriname merupakan bagian dari negara Amerika Serikat yang sebagian besar dihuni oleh orang Jawa. Sebanyak 75.000 orang Jawa yang menetap di Republik Suriname. Suku jawa ini dibawa dari Hindia-Belanda. Karena banyaknya orang jawa mereka menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.

2. Singapura

Pada tahun 1825-1965, sejumlah orang jawa didatangkan ke Singapura untuk dipekerjakan sebagai buruh. Kemudian, orang Jawa ini pun semakin meningkat jumlahnya sehingga Singapura banyak dihuni oleh orang Jawa, khususnya bagian tepi sungai Rochor atau yang dikenal dengan kampung Jawa. Mereka pun juga menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi sehari-hari.

3. Malaysia

Pada tahun 1990-an banyak juga orang Jawa yang pindah ke Malaysia karena adanya tekanan ekonomi. Kemudian mereka menetap di Malaysia dan menjadi warga negara Malaysia. Kamu bisa menemukan orang Jawa di Negeri Selangor terutama di daerah Kelang, Sepang, Tanjung Karang, Sabak Bernam, Banting, serta Kuala Selangor.

4. Belanda

Ternyata pada saat Belanda menjajah Indonesia, sebagian orang Jawa dikirim ke Belanda untuk dijadikan budak. Bermula dari sana lah banyak orang Jawa yang akhirnya menetap di Belanda.  Uniknya,  bahasa Jawa dan juga Sastra Jawa menjadi bahasa yang paling dinikmati oleh orang-orang Belanda. Bahkan Pangeran Willem van Oranje telah membangun sebuah universitas  yang menjadi gudangnya bahasa Jawa yakni Universiteit Leiden pada tahun 1575.

5. Kaledonia Baru

Kaledonia Baru juga didatangi oleh suku Jawa dengan alasan adanya tekanan ekonomi. Suku Jawa ini pun kemudian menetap hingga banyak sekali orang Jawa yang tinggal di Kaledinia Baru serta menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.

6. Indonesia

Sudah jelas jika negara Indonesia menjadi negara asal dari suku Jawa. Bahasa Jawa pun sudah menjadi bahasa sehari-hari di Indonesia khususnya di bagian Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, sejumlah wilayah Banten seperti Serang, Tangerang,dll.

Nah, itulah dia ke enam negara yang mengguakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.