5 Negara Asing Paling Menikmati Sumber Kekayaan Alam Indonesia

 kkkjkl

Situshiburan.com – Indonesia merupakan negara yang kaya. Indonesia memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah. Tapi sayangnya, Indonesia dihuni oleh orang-orang miskin, sebab sumber kekayaan alam ini tidak dinikmati oleh penduduk Indonesia sendiri.

Buktinya banyak sumber alam yang di ekspor dalam keadaan mentah  ke luar negeri, lalu penduduk Indonesia menikmati barang jadi dari sumber alam yang diekspornya tadi. Luar biasa bukan ?!

Itu sebabnya banyak negara asing Indonesia yang malah asyik menikmati sumber kekayaan alam Indonesia. Mau tau negara mana saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat selama berpuluh-puluh tahun telah menikmati kekayaan alam Indonesia. PT Freeport McMoran adalah perusahaan milik Amerika Serikat yang sudah berpuluh tahun mengeksploitasi tambang emas di Papua.  PT Freeport bisa menghasilkan 22.000 ton biji emas dan perak mentah dalam sehari.

2. China

China juga sangat menikmati kekayaan alam Indonesia dengan  menginvestasi salah satu perusahaan di Indonesia. Salah satu perusahaan milik China yang ada di Indonesia adalah PT Heng Fung Mining Indonesia. Perusahaan tersebut mengeksplorasi nikel di Halmahera.

3. Inggris

Inggris memiliki perusahaan BP Berau yang mengelola beberapa blok gas di Papua. Setiap tahunnya, perusahaan ini berhasil menginvestasi sebesar $12,1 milyar. Hasil gas yang mereka dapat mereka ekspor kan ke negara lain sebanyak 60 persen, dan sisanya  untuk Indonesia.

4. Perancis

Prancis menikmati kekayaan alam Indonesia dengan berinvestasi pada perusahaa Total E&P Indonesia dan mengelola blok migas Mahakam, Kalimantan Timur. Total pun memperpanjang kontrak untuk lebih lama lagi berada di Indonesia pada tahun 2008 silam. Dan Total memprediksi jika pendapatanya di tahun 2013 akan mencapai $8.92 miliar.

5. Kanada

Lewat Canadian International Development Agency, Kanada mengembangkan 12 proyek  untuk menikmati kekayaan alam Indonesia. Kanada juga mengeksplorasi SDA Indonesia di bidang migas, melalui Nico Resources.

Nah, itulah dia ke lima negara yang menikmati kekayaan alam Indonesia.