Perbedaan Selokan di Indonesia dan Jepang Ini Bikn Heboh Media Sosial

12020058_10204694307427821_4663733569255619102_n

Situshiburan.com – Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan dikelilingi sungai yang penuh sampah. Tanah Air Tercinta ini memang diketahui dipenuhi dengan sampah, sebab warganya sangat senang membuang sampah di sungai dari pada membuang sampah di tempat sampah.

Jika dibandingkan dengan negara Jepang yang sangat cinta kebersihan, Indonesia akan sangat kalah jauh. Jepang memiliki sungai-sungai yang bersih dari sampah. Bahkan sebuah sungai kecil yang bisa dibilang sebagai selokan di Jepang malah dipenuhi dengan ikan-ikan koi yang berenang-renang.

Sedangkan di Indonesia, kamu hanya akan melihat sungai dengan penuh sampah yang berhanyutan memenuhi sungai dan juga mengeluarkan bau busuk dari sampah tersebut, seperti yang tampak pada foto yang tersebar di media sosial.

Foto perbedaan selokan Indonesia dan Jepang ini pun mendapat banyak komentar dari para netizen. Banyak komentar yang mengatakan jika mereka ingin pindah ke Jepang, karena Jepang sangat menjaga kebersihannya dari pada Indonesia.

Kalau punya duit, mendingan pindah ke jepang. Kalau pengen indonesia berubah jadi kayak jepang? Yaa ga mungkin.  Mesti mulai dari satu kota kecil dulu yg lalu jadi contoh sekaligus sebagai pendidik. Tapi nanti bisa dituduh “tidak mencintai budaya indonesia” .  Kok malah naksir cara jepang? Lestarikan tradisi sendiri walau pun sampah. . Itu lah mental sampah rakyat kita.” tulis Tav dalam komentarnya, seperti  dilansir Sebarkanlah.com.

Komentar lain mengatakan jika orang-orang Jepang akan merasa berdosa jika membuang sampah di sungai. Sedangkan orang-orang di Indonesia akan merasa berdosa jika tidak membuang sampah di sungai.

Nah, semoga foto perbandingan yang menghebohkan ini menjadi cerminan untuk orang Indonesia agar lebih mencintai kebersihan lingkungan tempat tinggal sendiri.

 

iklan