7 Ilmuan gak Terkenal ini Ternyata Mampu Merubah Dunia

51a6bd2e3ea49_51a6bd2e3f9ea

Situshiburan.com  – Banyak para ilmuwan yang terkenal karena telah berhasil merubah dunia dengan penemuan-penemuan canggih yang mereka berhasil ciptakan.

Namun, ada juga para ilmuwan yang berhasil mengubah dunia dengan penemuan-penemuannya tapi tidak menjadi terkenal bahkan tidak dikenal oleh banyak orang.

Seperti ke tujuh ilmuwan ini yang telah mampu mengubah dunia, tapi nyatanya mereka tidak terkenal. Mau tau siapa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Pulsk.com.

1.  Joseph Lister (1827-1912)

Joseph Lister adalah dokter bedah yang sudah berhasil memecahkan masalah infeksi pada luka, yang menewaskan 45% -50% dari semua kasus amputasi. Lister berhasil menemukan penggunakan asam karbol sebagai obat antiseptik. Ia memaksa para dokter untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah pengobatan dengan larutan asam karbol. Ia juga menyarankana agar selalu mencuci alat-alat medis dengan larutan tersebut. Alhasil, penemuannya ini berhasil menyelamatkan banyak nyawa orang-orang. Bahkan penemuannya menjadi terobosa terbesar dalam sejarah medis.

2. John Bardeen (1908-1991)

Pada tahun 1956, John Bardeen bersama dengan rekannya telah berhasil mengembangkan transistor listrik,  yang merupakan suatu perkembangan yang telah memfasilitasi pengembangan setiap perangkat elektronik yang digunakan dalam dunia modern. Penemuannya ini telah memungkinkan penggunaan CAT dan MRI scan di kedokteran.  Namun, meskipun begitu, John tidak dikenal oleh banyak orang meskipun sudah berhasil mengubah dunia.

3. Karl Landsteiner (1868-1943)

Karl Landsteiner adalah seorang dokter Austria  yang ikut berperan penting dalam identifikasi golongan darah. ia berperan dalam mendemonstrasikan efek bencana yang akan  terjadi jika salah transfusi tipe darah, dan juga menunjukkan sifat turun-temurun dari jenis darah. Selain itu ia juga ikut berperan dalam identifikasi virus polio.

4. James Clerk Maxwell (1831-1879)

James Clerk Maxwell yang merupakan bapak fisika  yang telah berhasil menemukan spektrum elektromagnetik yang berpengaruh terhadap pengembangan televisi, radio, gelombang mikro,  dan juga membantu pengembangan  teleskop radio dna inframerah. James juga telah menemuka foto berwarna untuk pertama kalinya. Tapi sayangnya penemuannya tersebut tidak membuatnya menjadi terkenal.

5. Leó Szilárd (1898-1964)

Szilárd adalah seorang  yang berperan dalam gagasan reaksi berantai nuklir, yang merupaka proses pembuatan bom atom. Tak hanya itu ia juga berperan dalam Proyek Manhattan. Namun, meskipun sudah mengubah dunia ia tetap tidak terkenal.

6. Fritz Haber (1868-1934)

Fritz Haber yang merupakan seorang kimiawan asal Jerman ini juga tidak terkenal meskipun sudah mengubah dunia. Padahal, Haber telah  ikut pada industri sintesis amonia, komponen penting pupuk dalam pertanian modern. Ia juga terlibat dalam pengembangan senjata kimia seperti gas klorin untuk Jerman di Perang Dunia I.

7. Thomas Midgley (1889-1944)

Thomas Midgley adalah  ilmuwan yang berhasil menemukan penemuan negatif buka positif. Ia berhasil menemukan adiktif yang dapat membuat bensin menghentikan efek “mengetuk” pada mesin mobil.  Ia juga berperan dalam pengembangan CFC, salah satu senyawa yang paling merusak di atmosfer.

Nah, itulah dia ke tujuh penemuan yang berhasil mengubah dunia tapi tidak terkenal.

 

iklan