10 Danau ini Kini Mengering

1

Situshiburan.com – Danau merupakan salah satu keindahan alam  yang biasanya menjadi tempat  wisata para turis lokal maupun turis asing. Namun, didunia ini ada beberapa danau yang datang dan pergi sesuai dengan aliran air loh.

Seperti ke sepuluh danau ini yang kini menjadi kering lantaran air yang surut. Aliran air ini membuat beberapa danau menjadi kekeringan hingga tak lagi terlihat seperti danau.

Nah, berikut ini ada sepuluh danau yang mengalami kekeringan. Seperti dilansir terselubung.in, inilah dia ulasannya.

1. Danau Urmia, Iran

1

Danau Urmia ini terletak di barat laut Iran, dekat perbatasan Turki. Danau ini merupakan salah satu danau air asin terbesar di Bumi.  Danau ini mengalami penyusutan yang cepat dan akan mengering dalam dua tahun  ke depan jika tidak ditangani langsung.

2. Danau Waiau, Hawaii 

2

Danau ini dikenala sebagai danau keramat oleh orang Hawaii asli. Luas maksimumnya hanya 6.900 meter persegi dan kedalaman maksimum 3 meter. Pada tahun 2010, danau ini mulai menyusut dan 3 tahun ke depannya, tepat pada tahun 2013 danau ini sudah seperti kolam renang yang luasnya 115 meter persegi dan kedalamannya kurang dari 30 sentimeter.

3. Laut Mati; Israel, Tepi Barat dan Yordania

3

Laut mati ini  berada di Israel, dimana airnya sangat asin karena dialiri  oleh sungai Yordan. Laut mati ini disebut juga danau air asin karena airnya 10 kali lipat lebih asin dari pada  laut atlantik. Laut mati ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu, tapi kini laut mati ini sudah mengering. Sebab satu-satunya aliran air dari sungai dialihkan untuk memasok rumah-rumah penduduk dan beberapa perusahaan sehingga laut mati ini tidak dialiri air sama sekali.

4. Scott Lake, Florida

4

Danau yang ada di Florida ini adalah salah satu danau yang saat ini sudah mengering. Danau ini mengering dalam kurun waktu yang begitu cepat yaitu sekitar dua minggu. Surutnya air di danau ini disebabkan karena adanya sebuah sinkhole menganga. Sebanyak 32 ton flora dan fauna liar tersedot ke dalam bumi.

5. Laut Aral, Kazakhstan dan Uzbekistan

5

Laut Aral juga mengalami kekeringan karena sebagian besar aliran air sungai dari pegunungan Tian Shan ke dalam danau telah dialihkan untuk mengairi sawah dan kapas yang ditanam di tanah gurun. Akibatnya, danau menjadi surut hingga tak bisa lagi dilakukan penangkapan ikan.

6. Danau Peigneur, Louisiana

Danau Peigneur di Louisiana ini mengalami kekeringan pada tahun 1980. Saat itu, sebuah rig minyak Texaco secara tak sengaja membor atap tambang garam. Bersamaan dengan itu banyak pepohonan yang  tersedot ke bawah seperti tersedot pusaran air raksasa.

7. Danau Cachet 2, Chili

7

Daau Cachet 2 mengalami kekeringan dalam semalam pada tahun 2012 lalu. Hal ini dikarenakan adanya sebuah terowongan delapan kilometer di bawahnya berulang kali membuka dan menutup. Sehingga danau berulang kali kering dan kembali terisi.

8. Cachuma Lake, California

8

Danau Cachuma adalah danau yang merupakan sumber penting dari air minum untuk 200.000 orang. Tempat ini juga sering dijadikan tempat rekreasi. Namun, sat ini California tengah mengalami kekeringan yang sangat parah hingg membuat danau ini mengering.

9. Danau Chad; Chad, Kamerun, Niger dan Nigeria

9

Danau Chad sudah mulai mengering pada tahun 1960-an. Kekeringan ini disebabkan penarikan air untuk irigasi dan penggunaan manusia lainnya, dan variabilitas iklim.

10. Danau Poyang, China

10

Danau Poyang adalah salah satu danau terbesar di China yang mengalami kekeringan hingga ke titik yang paling rendah. Danau ini merupakan tempat wisata di negara tersebut. Namun, kekerangan yang disebabkan fasilitas penyimpanan air hulu yang baru di Waduk Three Gorges (waduk terbesar di dunia) membuat  keindahan danau ini tak lagi pernah terlihat.

100

Nah, itulah dia ke sepuluh danau yang mengalami kekeringan.

 

iklan