10 Bencana Alam Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia

2

Situshiburan.com – Bencana alam merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh pada perkembangan dunia sepanjang  sejarah. Berbagai bencana alam dapat merusak sebuah wilayah, seperti Tsunami di Aceh yang sudah merusak seluruh bangunan yang ada di aceh, bahkan juga menewasknya ratusan dan ribuan penduduk Aceh.

Tak hanya Tsunami ada juga gunung meletus, banjir yang sering terjadi di Ibu Kota Jakarta serta masih banyak lagi yang pastinya dapat merusak kehidupan manusia di bumi.

Bencana alam ada yang terjadi secara alami, ada juga yang terjadi karena ulah manusia seperti banjir dikarenakan kebiasaan manusia buang sampah disembarang tempat dan menjadikan sungai sebagai tempat sampah.

Selain itu, ada juga beberapa bencana alam yang paling aneh yang pernah terjadi di dunia. Mau tau seperti apa ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir terselubung.in.

1. Danau Nyos, Kamerun, 1986

1

Pada bulan Agustus 1986 para ilmuwan dan para dokter kebingungan karena terjadi sebuah bencana alam yang menyebabkan kematian hampir 1.800 orang ditemukan tewas, serta ribuan ternak dan binatang liar.  Para dokter dan ilmuwan bingung karena tidak ditemukan bencana sedikit pun yang membuat orang-orang tewas. Tapi ternyata, sebuah danau Yang bernama Danau Nyos yang terletak di kawah gunung berapi punah sebagai penyebab kematian ribuan orang tersebut.

2. Ledakan Tunguska, Rusia, 1908

2

Pada tahun 1908, sebuah ledakan mengguncang padang gurun Siberia, membakar dan meratakan ribuan mil area hutan. Tapi, tidak ada yang bisa menemukan penyebab dari ledakan tersebut. Hingga akhirnya pada tahun 2001  para ilmuwan menemukan  obyek yang meledak tersebut asteroid low-density yang meledak di udara.

3. Tahun tanpa musim panas, Eropa, Amerika dan Kanada, 1816

3

Pada bulan Juni tahun 1816, Amerika Serikat timur laut, Kanada dan Eropa mengalami musim panas di mana salju masih jatuh. Pada saat itu, Eropa mengalami kelaparan yang menyebabkan kericuhan, karena telah merusak semua tanaman  akibat suhu yang sering berganti-ganti.

4. Letusan Krakatau, Indonesia, 1883

4

Letusan gunung berapi Krakatau yang ada Indonesia pernah meletus di tahun 1883. Letusan tersebut dianggap sangat aneh, sebab suara letusannya sangat besar bahkan paling besar di sepanjang sejarah. Letusan ini menyebabkan dua pertiga dari pulau Krakatau hancur dan pulau-pulau kecil disekitarnya.

5. Hailstorms Mematikan, Bangladesh, 1986

5

Hujan es bukannya bencana yang aneh, tapi hujan es ini bisa dianggap aneh jika es yang berjatuhan berukuran besar. Hujan es yang terjadi di kota Gopalganj, Bangladesh pada musim semi 1986, telah merusak bangunan, pohon dan juga menewaskan sebanyak 92 orang. Hal ini dikarenakan es yang dijatuhkan berukuran besar yaitu seberat 2 kilogram.

6. Gempa di New Madrid, Missouri, 1811-1812

6

Pada tahun 1811-1812 terjadi gempa yang sangat aneh. Gempa yang terjadi menyebabkan sungai Mississippi mengalir mundur. Tebing-tebing sepanjang sungai hancur, sungai mengering dan teralihkan, dan aliran sungai berubah dengan terciptanya Kentucky Bend, serta beberapa danau terisi tanah hingga menjadi daratan.

7. Serbuan Ular, St Pierre, Martinique, 1902

7

Pada tahun 1902, Aktivitas vulkanik di “Bald Mountain” (mount Pelee) di Martinique mengalami peningkatan, yang menyebabkan ribuan ular fer-de lance turun gunung. Ular-ular ini menyerbu kota dan menewaska sebanyak 50 orang dan ratusan hewan.

8. Tri State Tornado, Missouri, Illinois, Indiana, 1925

8

Pada bulan Maret 1925, bencana tornado telah melewati 3 negara sekaligus. Tornado ini juga menewaskan lebih dari 700 orang, melukai lebih dari 2.000 orang dan kerugian materi pada saat itu diperkirakan sebesar $ 16.500.000.

9. Serbuan Gajah-Gajah Hutan Chandka, India, 1972

9

Pada musim semi tahun 1972, menyebabkan kekeringan di kawasan hutan Chandka. Hal ini mambuat para gajah jinak mengamuk karena kehausan dan kelaparan. Semua gajah-gajah menyerbu pemukiman penduduk dan menewaskan 24 orang serta menghancurkan semua yang ada di hadapannya.

10. Great Smog, London, 1952

10

Pada awal Desember 1952, kabut tebal dan dingin melanda daerah London.Pada saat itu musim dingin, saking dinginnya masyarakat London pun mencoba membakar batubara untuk menghangatkan rumah mereka. Tapi, dampaknya berakibat timbulnya asap dan kabut tebal yang menyebabkan masyarakat mengalami masalah pernapasan. Akhirnya, lebih dari 4.000 orang meninggal, dan 8.000 lainnya menyusul dalam bulan-bulan berikutnya.

Nah, itulah dia ke sepuluh bencana alam yang paling aneh di dunia.

 

iklan