6 Perang Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia

kepoan_com_6_perang_terbesar_dalam_sejarah_manus

Situshiburan.com – Selama perkembangan kehidupan manusia didunia ini tidak pernah terlepas dari pertumpahan darah. Pertumpahan darah itu disebabkan oleh perang yang terjadi antar negara maupun antar suku.

Begitu banyaknya perang yang terjadi pada zaman dahulu membuat situshiburan.com tertarik untuk membahasnya. Dan berikut ini adalah enam perang terbesar yang pernah terjadi didunia.

Mau tau seperti apa ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Viva.co.id.

1. Perang Israel – Palestina

Pada tahun 1948 lalu, terjadi perang ketika Inggris merebut sebuah wilayah yang termasuk dalam Kesultanan Turki Ottoman. Wilayah tersebut kemudian diberikan kepada kaum Yahudi. Sedangkan penduduk muslim di  negara-negara Timur Tengah tidak menyetujui hal itu dan kemudian berperang melawan Israel. Perang kemudian dimenangkan oleh Israel.

Pada tahun 1967, perang kembali terjadi karena umat muslim masih tidak bisa menerima hal itu. Tapi, perang kembali dimenangkan oleh Israel.

2. Perang Salib

Perang salib terjadi pada tahun  1095 yang dimulai dengan tujuan memperebutkan sebuah kota bernama Yerussalem yang kemudian menyebar menjadi perang besar antar agama. Perang ini pun memakan banyak korban jiwa dan juga melahirkan nama Salahudin Al Ayyubi dan Richard “The Lion Heart” sebagai pahlawan pada masa itu.

3. Ekspansi Mongol

Pada abad ke-13, ternyata Ekspansi Mongol yang dipimpin oleh Genghis Khan untuk menaklukan wilayah Eurasia. Genghis Khan  kemudian berhasil menghancurkan Rusia, menguasai Tiongkok,  mengalahkan Persiamenduduki Polandia dan Hongaria, dan juga meluluh-lantahkan Baghdad sebagai pusat kekhalifahan Islam pada masa itu. Genghis Khan ini menjadi ditakuti di seluruh Eurasia karena kekejaman mereka.

4. Perang Dunia II

Perang Dunia II adalah perang yang paling  terbesar di dunia yang terjadi dari tanggal 1 September 1939 sampai tanggal 14 Agustus 1945 di tiga benua: Eropa, Asia dan Afrika.  Pada benua Eropa ada Jerman  yang menyerang Polandia untuk memperluas wilayah kekuasaanya hingga ke Uni Soviet.

Di Asia, Jepang secara tiba-tiba menyerang pangkalan laut AS di Pearl Harbour yang terletak di pulau Hawaii pada 7 Desember 1941. Amerika Serikat yang awalnya tidak ikut berperang jadi bergabung dengan bersama pasukan Inggris serta Perancis.

5. Perang Dunia I

Sebelum terjadinya Perang Dunia II, terjadi terlebih dahulu Perag Dunia I yang terjadi dari 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918. Perang ini terjadi karena terbunuhnya pangeran Austria, Franz Ferdinand  oleh anggota kelompok teroris Serbia, Gavrilo Princip di Sarajevo. Perang ini melibatkan banyak negara, seperti dari blok sentral yaitu Jerman, Austria, Bulgaria & Turki dengan blok sekutu yaitu Amerika Serikat, Rusia, Perancis, Inggris, Italia dan Kanada. Perang ini telah memakan 40 juta orang di seluruh dunia dan menyebabkan runtuhnya kekuasaan monarki absolut di seluruh dunia.

6. Perang Napoleon

Perang Napoleon ini terjadi selama Napoleon Bonaparte memerintah Perancis dari 1799 hingga 1815. Kekuasaan Napoleon Bonaparte meluas hingga ke Eropa. Namun, perangnya berakhir pada saat Perancis tak mampu melawan Inggris dan Rusia.

Nah, itulah dia ke enam perang terbesar di dunia.