in

Ini Alasan Kenapa Ikan Mengambang Ketika Mereka Mati

ikan mati

Situshiburan.com – Pernahkah kamu bertanya – tanya kenapa jika ikan mati pasti dia akan mengambang di air ? Untuk menjawab pertanyaan ini , coba simak kajian ini.

Kamu perlu tahu jika masa jenis ikan hanya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan air. Pada dasarnya , ikanĀ  memiliki daya apung yang hampir netral, yang berarti gaya yang bekerja terhadap ikan untuk membuatnya tenggelam kurang lebih sama dengan gaya di dalam ikan yang menyebabkan ikan tersebut mengapung.

Ketika ikan mati, maka ikan tidak perlu bekerja dan mengerahkan energi terlalu banyak untuk dapat mengambang atau tenggelam di air.

Selain itu, tekanan di dalam air akan meningkat seiring dengan bertambahnya kedalaman air tersebut. Sebagian besar spesies ikan mengatasi perbedaan tekanan ini dengan menggunakan organ tubuh berbentuk kantong yang disebut dengan kandung kemih berenang (juga disebut kandung kemih gas atau udara).

Sebelumnya , air akan masuk ke dalam mulut ikan dan melewati insang, dimana oksigen diambil dan dibawa oleh hemoglobin melalui aliran darah. Hemoglobin kemudian melepaskan sebagian oksigen tersebut ke dalam kandung kemih berenang tadi.

Daya apung ikan juga dipengaruhi oleh jumlah oksigen dalam kandung kemih ketika ikan berenang. Jika ikan ingin menyelam lebih dalam, oksigen dalam kandung kemih diserap dengan cara berdifusi ke dalam darah dan selanjutnya keluar kembali dari insang.

Dan bila ikan mengambang, ia akan meningkatkan kembali jumlah udara dalam kandung kemih berenang. Proses ini adalah respon kimia alami terhadap tekanan di sekitar tubuh ikan yang jika kita perhatikan sebenarnya mirip dengan cara kerja kapal selam.

Setelah ikan mati, maka udara tetap berada dalam kandung kemih . Udara tersebut kemudian dilepaskan selama proses dekomposisi atau penguraian tubuh ikan. Udara yang dilepaskan tersebut kemudian akan mengisi rongga-rongga dalam tubuh ikan seperti usus yang selanjutnya menjadi “balon” karena terisi penuh dengan udara dan membuat ikan mengapung ke permukaan.

Mengambangnya ikan ketika mati ini juga dipengaruhi dengan besar massa ikan yang berupa tulang dan otot pada sisi dorsal atau punggung ikan, dan sisi perutnya menjadi “balon”. Bahkan ikan cenderung untuk mengambang secara terbalik.

Dan yang perlu diketahui , ketika ikan mati mengambang di air ini juga karena banyaknya udara terkumpul di rongga tubuhnya .

Jadi wajar saja ketika ikan mati lalu mengambang di air karena biarpun ikan tersebut sudah mati , tetapi oksigen di dalam tubuhnya masih bekerja dan membuatnya mengambang di air.

6 Kelakukan Wanita yang Tidak Akan Merasakan Indahnya Surga

Kata Orang Selingkuh Itu Indah Faktanya Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan dan Juga Agama