Dosa Dosa Kecil ini Ternyata Banyak Menyeret Umat Muslim Masuk ke Neraka

abu

Situshiburan.com – Dalam sebuah hadist meriwayatkan jika umat manusia akan terlebih dahulu masuk neraka untuk mempertanggung jawabkan dosa – dosa yang diperbuat selama hidup di dunia dan setelah melewati penyiksaan yang begitu sadis barulah mereka masuk ke dalam surga.

Akan tetapi ada sejumlah dosa yang mengatakan jika surga dan neraka itu tergantung dari berapa banyaknya amal dan dosa yang ada di dalam diri manusia selama hidup di dunia.

Itulah kenapa banyak paradigma yang menjelaskan jika manusia sebaiknya harus bisa menghindari dosa sekecil apapun. Namun karena manusia itu hidup tidak sempurna yang pastinya pernah berbuat kesalahan sehingga menjauhi perbuatan dosa merupakan hal yang sulit.

Masuknya umat muslim ke dalam neraka ini pada dasarnya juga karena ada penyebab utama salah satunya adalah keyakinan tentang kepastian akan surga dimana setelah dosa-dosa terhapuskan di neraka  mereka pasti diangkat dan dimasukkan ke surga.

Pemikiran semacam ini berbahaya karena dapat menghasilkan sifat sombong yang membuat seseorang lebih mudah menggampangkan dan menyepelekan sesuatu perbuatan kecil yang pada dasarnya mengandung dosa.

Dan perlu kamu ketahui jika ternyata ada sejumlah dosa – dosa kecil yang tanpa di sadari bisa menyeret kamu ke dalam api neraka setelah kematian. Seperti yang dilansir dari kumpulanmisteri.com, inilah dia beberapa dosa kecil yang bisa menjadi penyebab kenapa umat muslim banyak yang masuk neraka:

• Kurangnya pemahaman

Salah satu dosa kecil yang bisa menyeret umat muslim masuk ke dalam neraka yakni kurangnya pemahaman. Kebanyakan manusia sering mengubah atau memelintir hadits, ayat dan ajaran tertentu untuk kepentingan sendiri dan menyebarkannya. Kebijaksanaan yang tinggi dan sifat kritis diperlukan sebagai filter agar tidak terjerumus ke dalam pemahaman dan sikap yang salah.

Kurangnya rasionalitas

Salah satu dosa kecil yang bisa menyebabkan umat muslim masuk ke dalam neraka yakni akibat kurangnya rasionalitas. Kebanyakan seseorang menelan begitu saja ajaran dan perkataan dari pemuka agama tanpa berpikir dua kali, padahal jika isi ajaran tersebut meragukan yang bisa menjadikan perbuatan tersebut sebagai dosa .

Perbanyak kebaikan

Dan yang seringkali orang tidak sadari yakni dia selalu berfikir jika semakin banyak berbuat kebaikan maka semakin banyak pula pahala yang di dapatkan. Namun satu hal yang perlu kamu ketahui jika banyaknya kamu berbuat kebaikan dan diiringi rasa sombong maka kebaikan tersebut akan berbuah dosa yang bisa menghantarkan kamu ke neraka.

Nah, itulah dia sejumlah dosa kecil yang bisa menyeret umat muslim ke dalam pintu neraka.

iklan