Ternyata Untuk Menghilangkan Karang Gigi Itu Sangat Mudah Begini Caranya, Kamu Wajib Coba

karang gigi

Situshiburan.com – Karang gigi adalah salah satu masalah gigi yang pasti dialami oleh semua orang. Karang gigi ini sendiri merupakan mineral deposit berwarna kuning atau cokelat yang menempel pada gigi. Biasanya jika dibiarkan begitu saja, karang gigi ini akan semakin banyak dan sulit dibersihkan.

Tak hanya itu, karang gigi juga bisa membuat penampilan gigi tak menarik lagi. Sehingga banyak orang yang berusaha untuk menghilangkannya. Biasanya orang-orang akan pergi ke dokter untuk menghilangkan karang gigi yang pastinya membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Tapi, sebenarnya tak perlu ke dokter pun kamu bisa membersihkan karang gigi agar gigi terlihat lebih bersih. Namun, cara membersihkan sendiri ini tidak secepat saat membersihkan pada dokter gigi.

Meskipun begitu kamu juga harus tahu nih cara membersihkan karang gigi yang paling ampuh dan sangat mudah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk menghilangkan karang gigi adalah:

  1. Hidrogen peroksida
  2. Air
  3. Bubuk soda kue
  4. Garam
  5. Antiseptik pencuci mulut
  6. Dental pick
  7. Sikat gigi

Caranya  sangat mudah, kamu perlu mencampurkan  satu cangkir hidrogen peroksida dengan 1/2 cangkir air hangat, kemudian kumurkan campuran tersebut selama satu menit. Setelah itu buang dan bilang dengan 1/2 cangkir air dingin.

Setelah itu gunakan baking soda untuk membersihkan karang gigi. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1/2 sendok teh garam dalam cangkir.  Lalu, rendam sikat gigi ke dalam air hangat lalu  celupkan dalam campuran tersebut. Sikat gigi selama 5 menit, kemudian bilas dengan antiseptik pencuci mulut.

Kamu bisa menggunakan dental pick untuk membersihkan karang gigi. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak gigi atau mengikir gigi.

Selain mendapatkan gigi bersih, kamu juga bisa menjadikan gigi kuning kamu putih seperti mutiara. Mau tau bagaimana caranya ?

1. Mengonsumsi keju

Kamu bisa mengonsumsi keju Swiss atau cheddar sebelum makan. Cara ini bisa menetralkan asam yang dapat menyebabkan karang gigi.

2. Stroberi dan tomat

Stoberi dan tomat adalah buahan yang mengandung vitamin C yang baik untuk memutihkan gigi dan melembutkan karang gigi. Kamu bisa langsung menggosokan tomat dan stoberi ke gigi atau bisa menggunakan buah lain yang mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya,  jambu, lemon dan sebagainya. Kemudian bilas dengan campuran baking soda dan air hangat.

Nah, itulah dia cara-cara menjaga kebersiha gigi kamu. Gigi yang bersih dan putih akan membuat penampilan kamu semakin menarik.