Banyak Orang Takut Menikah di Bulan Sial, Apakah Ada Bulan Sial dalam Islam ?

newmoon1

Situshiburan.com – Di zaman jahiliah kepercayaan tentang adanya hari-hari dan bulan-bulan yang membawa sial memang sudah terjadi. Mereka percaya jika dari kedua belas bulan dan 30 hari dalam sebulan terdapat hari sial dan bulan sial yang dapat membawa malapetaka bagi mereka.

Karena kepercayaan itu, mereka pun enggan untuk berbuat atau melakukan apa pun pada saat hari dan bulan yang dianggap sial tersebut. Tapi, semenjak datangnya Nabi Muhammad SAW, kepercayaan itu pun mulai dikikis.

Namun, ternyata, kepercayaan ini pun masih berlaku di zaman yang modern ini. Bahkan banyak umat islam yang mempercayainya jika ada hari dan bulan tertentu yang dianggap sial jika mereka melakukan suatu hajatan atau acara pernikahan.

Untuk itu kita perlu mendengar cerita dari istri Rasulullah Saw. Aisyah r.a. yang menceritakan , “Rasulullah Saw. menikahiku dibulan Syawwal, dan mengadakan malam pertama dengan ku dibulan Syawwal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian beliau selain aku?” Salah seorang perawi mengatakan, “Aisyah menyukai jika suami melakukan malam pertama dibulan Syawwal” (HR Muslim dan Nasa’i).

Menurut Iman Nawawi, Aisyah saat itu ingin membanta kepercayaan kaum jahilliah akan hari dan bulan sial. Karena didalam islam setiap hari dan bulan itu adalah baik, sehingga tidak ada hari atau bulan yang membawa sial dan malapetaka.

Jadi, mulai sekarang jangan percaya-percaya dengan perkataan jika ada hari dan bulan yang tidak baik untuk menikah ya.

 

iklan