in

Kamu Mau Tahu Kapan Ka’bah di Buka dan Siapa yang Memegang Kuncinya? Ini Jawabanya

pintu-kabah_20151118_164647

Situshiburan.com – Bagi seluruh umat muslim di dunia, Ka’bah merupakan bagian penting dalam hidup mereka yang terletak di kota Suci Mekkah, dimana teman Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

Setiap tahun ribuan umat muslim dari berbagai penjuru di dunia datang ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Namun, tahukah kamu siapa pemegang kunci Ka’bah yang dianggap sakral dan penting itu ? Ternyata setelah Rasulullah SAW wafat, kunci itu dipegang oleh Othman bin Thalhah dan dilanjutkan secara turun-temurun.

Saat ini yang memegang kunci Ka’bah adalah Sadin Nizar Al-Shaibi, yang merupakan keluarga Al-Shaibi yang sejarahnya sudah dibuktikan sejak jaman dahulu.

kunci_kabah_20151118_163542

Dulunya, Ka’bah dibuka dua kali dalam seminggu, yaitu hari Senin dan Kamis. Namun, kini Ka’bah hanya dibuka dua kali dalam setahun untuk mencuci dengan air zam-zam.

Pembukaan pintu Ka’bah ini akan dibuka ketika ada upacara Islam dan di hadapan sejumlah besar pejabat dan duta besar negara-negara Islam. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri jika kita bisa masuk ke dalam Ka’bah dan melihat isi Ka’bah yang pastinya sangat istimewa itu.

Seperti dilansir  Tribunnews.com, kunci Ka’bah saat ini sudah diperbarui dengan kunci yang terbuat dari nikel dan dipoles oleh emas 18 karat  sejak November 2013 lalu.

Setelah sekian lama kunci Ka’bah digunakan, barulah kemarin diperbarui dengan kunci yang lebih indah.

 

5 Orang ini Hidup dan Dibesarkan Oleh Hewan, Simak Kisahnya

Ini 5 Contoh Kemesraan Rasulullah Terhadap Istrinya yang Wajib Kamu Tiru