Luar Biasa, 3 Amalan ini Bisa Menunda Kematian Kamu, Beruntunglah yang Sering Melakukanya

tiga-amalan-yang-dapat-tunda-kematian

Situshiburan.com – Kita semua tahu bahwa kematian merupakan suatu hal yang pasti, tidak bisa ditawar dan tidak bisa dielakan. Semua yang bernyawa didunia ini pasti akan mati, begitulah yang sudah dikatakan didalam Al-Quran dengan jelas. Tapi, kamu harus tahu, bahwa ada tiga amalan yang ternyata bisa menunda kematian kamu loh.

Mungkin kamu sedikit terkejut mendengarnya. Ya pasti, karena kematian itu pasti dan tidak bisa dielekan. Bahkan Allah SWT berfirman dalam kalamNya:

“Dan Allah tidak akan memundurkan waktu kematian seseorang jika sudah sampai pada ajalnya, dan Allah maha teliti akan amal-amal yang kalian kerjakan”. (QS Al Munafiqun: 11)

Lalu, bagaimana kematian itu bisa ditunda dengan amalan-amalan ? Nah, kamu jangan salah paham dulu, yang dimaksud dengan amalan yang dapat menunda kematian sebenarnya, bukan kematiannya yang ditunda beberapa hari atau beberapa minggu misalnya. Tetapi amalan-amalan yang dapat menunda kematian itu adalah amalan yang kita tanam tetap dapat dirasakan manfaatnya baik bagi si penerima amal kebaikan tersebut maupun bagi anak cucu kita kelak.

Jadi, walaupun kita sudah meninggal, tapi amalan tersebut masih dapat dirasakan manfaatnya sehingga seakan kita masih hidup di dunia.

Nah, mau tau amalan-amalan apa saja yang bisa menunda kematian ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Kabarmakkah.com.

1. Ringan Tangan / Suka Sedekah

Sedekah adalah amalan yang mudah diucap namun sulit untuk dilakukan. Kebanyakan orang saat merasa sedang susah perekonomiannya, maka ia akan lupa bersedekah karena sibuk memikirkan kebutuhan mereka sehari-hari. Lalu, saat ekonomi sedang tinggi, mereka malah timbul sifat tamak harta yang takut harta mereka habis jika disedekahkan.

Padahal Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya sedekah seorang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya” (HR Thabrani).

2. Menyambung Tali Silaturrahim

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang, maka hendaklah ia bersilaturahmi”. (HR Bukhari).

Silahturahim itu tidak hanya dilakukan pada kerabat yang dikatakan ada hubungan darah saja, tetapi juga pada saudara muslim kita. Silahturrahim tidak hanya memperpanjang umur tetapi juga menambah rezeki. Jadi, apa lagi alasan kita untuk memutuskan tali silahturrahim kita sesama saudara muslim.

3. Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa senang (berharap) Allah memperpanjang umurnya dan menambah rizkinya maka hendaklah berbakti pada kedua orang tuanya dan menyambung hubungan sanak famili”.

Jika kamu mendapati orangtua kamu sudah lanjut usia, memelihara mereka adalah tiket menuju surga. Jadi, kebaikan yang akan kamu dapat jika kamu senantiasa berbakti kepada kedua orangtua dalam hal kebaikan bukan kejahatan.