in

Kamu Terkena Asam Urat Coba Sembuhkan Dengan 7 Bahan Alami Ini

183310_asam-urat_663_382

Situshiburan.com – Asam urat adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang yang sudah berusia diatas 40 tahun. Penyakit ini menyerang sendi-sendi tubuh seperti jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Hal ini terjadi karena adanya penumpukkan kristal pada persendian disebabkan tingginya kandungan asam urat pada tubuh.

Penyakit asam urat ini sungguh sangat menyiksa. Kalau sudah  datang sakitnya, maka siapa pun tak bisa menahannya. Untuk itu, kamu harus menjaga kesehatan kamu agar kadar asam urat di tubuh kamu tidak meningkat.

Jika sudah meningkat, maka kamu harus tahu nih bahwa ada beberapa tanaman yang dapat ampuh mengatasi penyakit asam urat ini.

Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Sidaguri (sida rhombifolia)

Sidaguri adalah tanaman yang tersebar luas di daerah-daerah tropis di seluruh dunia dari dataran rendah sampai 1.450 m dpl. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di tepi jalan, halaman berrumput, hutan, dan ladang. Bagian dari taman Sidaguri ini yang digunakan untuk mengobati asam urat adalah bagian akarnya. Namun, daun dan bunganya juga bisa digunakan.

2. Legundi (vitex negundo)

TanamanLegundi  ini banyak tumbuh di benua Australia dan Asia khususnya Asia Tenggara. di Indonesia, legundi dikenal dengan berbagai nama seperti, Gendasari (Melayu), Lilogundi (Palembang), Langgundi (Padang), Lagundi (Sunda), Lengghundi (Madura), Galumi (Sumbawa), Sangari (Bima), Danuko (Kalimantan), Lanra (Makasar), Lawasani- Pala (Bugis), dan Ai Tuban (Ambon).

Tanaman ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut, yaitu : memiliki tinggi sekitar 6 m, memiliki bunga berwarna ungu violet dan buahnya berdaging sekitar 6 mm, mengandung 4 biji hitam kecil. Biasanya tanaman ini banyak tumbuh di semak belukar.

3. Habbatussauda (nigella sativa)

Habbatussauda adalah tanaman yang bisa mengatasi penyakit asam urat. Jika di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan jinten hitam. Jinten hitam ini biasanya digunakan untuk bumbu dapur, namun terkadang juga digunakan untuk obat berbagai macam penyakit, termasuk asam urat. Jinten hitam ini memiliki kandungan seperti alkaloida, tanin, kalium, kalsium, flavonoid, dan asam linoeat yang dapat membantu tubuh meningkatkan daya tahan atau imunitas terhadap serangan penyakit tertentu. Jinten hitam juga bisa mengatasi reaksi peradangan pada sendi.

4. Salai guggul (boswellia serrata)

Salai guggul adalah tumbuhkan yang   banyak tumbuh di iklim tropis. Di Indonesia sendiri, tumbuhan ini banyak tumbuh di area hutan Kalimantan atau Sulawesi. Tumbuhan ini dapat meluruhkan kristal asam urat yang terendap di area persendian tubuh.

5. Jahe Merah (zingiber officinale)

Jahe merah memiliki kandungan flavonoid, terpenoid, vitamin, dan mineral makro yang membantu mengatasi asam urat dalam 3 hal, yaitu kristal asam urat yang melekat di persendian, mengurangi reaksi peradangan atau nyeri. Jahe merah ini menjadi obat yang cukup ampuh untuk mengatasi penyakit asam urat. Namun, penggunaan jahe merah ini tidak boleh terlalu banyak bagi penderita asam urat.  Karena dapat memicu naiknya asam lambung  atau menurunkan tekanan darah.

6. Brotowali (tinospora cordifolia)

Brotowali adalah tanaman asli Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri tanaman ini cukup dikenal masyarakat yang memang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah asam urat. Tanaman yang memiliki rasa yang sangat pahit ini bisa menyembuhkan asam urat, diabetes,  hipertensi, kolesterol tinggi, serta  menyehatkan organ-organ vital lainnya.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai anti-oksidan pencegah serangan asam urat. Namun, dianjurkan jangan mengonsumsi teh hijau terlalu sering, cukup dua kali dalam sehari.

Nah, itulah dia ke tujuh bahan alami yang bisa menyembuhkan penyakit asam urat.

 

 

 

Luar Biasa, Dengan Jus ini Kanker Paling Mematikan Sekalipun Bisa Sembuh

5 Mitos yang Gak Boleh Cewek Percayai Berbahaya