Banyak Orang Takut Tertular HIV/AIDS, Padahal 10 Penyakit Ini Lebih Berbahaya dari HIV

tewas-meninggal_20150627_095048

Situshiburan.com – Hampir semua orang menganggap penyakit HIV/AIDS merupakan penyakit mematikan nomor satu didunia. Padahal, penyakit HIV/AIDS adalah penyakit kronik yang berlangsung lama hingga bertahun-tahun.

Sedangkan ada beberapa penyakit yang berbahaya namun tidak disadari oleh kebanyakan orang. Penyakit-penyakit yang lebih bahaya dari HIV/AIDS ini merupakan penyakit yang bisa menyebar dalam waktu singkat yaitu kurang dari 24 jam.

Jika terkena penyakit-penyakit ini, maka dalam waktu 24 jam penderita akan meninggal dunia. Nah, berikut ini ada 10 penyakit mematikan yang lebih berbahaya dari HIV. Seperti dilansir Tribunnews.com, inilah dia ulasannya.

1. Infeksi bakteri kulit (Necrotising fasciitis)

Penyakit ini adalah jenis penyakit kulit yang mematikan di dunia. Namun, meskipun mematikan sangat jarang sekali penyakit ini ditemukan. Penyebab penyakit ini adalah bakteri A Streptococcus (kelompok A streptokokus).

2. Meningitis

Penyakit Meningitis adalah penyakit  yang bisa menular melalui kontak lewat pernapasan dengan orang yang terinfeksi. Penyakit ini bisa menderita bayi, anak-anak dan juga orang dewasa. Gejala dari penyakit ini adalah muntah-muntah, sakit kepala hebat, sakit pada persendian atau otot, kaki dingin dan kulit pucat.

3. Penyakit stroke

Penyakit str0ke juga penyakit mematikan yang disebabkan karena adanya gangguan suplai darah ke otak. Gumpalan dara yang ke otak ini memotong pasokan oksigen dan nutrisi ke otak, yang menyebabkan kerusakan pada jaringannya. Namun, kabar baiknya penyakit stroke ini bisa dicegah.

4. Wabah pes

Tahukah kamu bahwa wabah pes adalah wabah yang sudah menyebabkan 50 juta orang meninggal dunia. Penyakit ini ditandai dengan gejala awal seperti mengalami demam diikuti menggigil, sakit kepala dan badan, dan kelemahan, muntah dan mual.

5. Ebola

Ebola adalah penyakit mematikan yang sering berakibat fatal, dengan rasio kematian hingga 90 persen. Penyakit ini sudah menghilangkan nyawa 11.314 orang di seluruh dunia.  Virus Ebola ini dapat menyebar melalui kontak dengan darah penderita, urin, saliva, tinja dan air mani.

6. Demam berdarah

Demam berdarah juga menjadi penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit ini disebabkan karena gigitan nyamuk. Gejalanya adalah demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri hebat di belakang mata, nyeri sendi, nyeri otot dan tulang, ruam dan pendarahan ringan dari hidung atau gusi.

7. Penyakit chagas dari kotoran serangga

Penyakit mematikan ini disebabkan oleh parasite protozoa, Trypanosoma cruzi (T. cruzi).  Parasit ini hanya bisa ditemukan di Amerika Latin dan ditularkan ke manusia melalui kotoran serangga triatomine. Diperkirakan jika sudaha da 6-7 orang yang meninggal karena penyakit chagas ini.

8. MRSA

MRSA adalah singkatan dari methicillin resistan staphylococcus aureus, adalah bakteri yang kebal antibiotik. Penyakit ini akan menimbulkan gejala awal seperti benjolan pada kulit, merah, bengkak, nyeri, dan hangat ketika di sentuh, penuh nanah dan sering disertai demam.

9. Kolera

Kolera adalah infeksi usus akut yang disebabkan oleh makanan atau air yang terkontaminasi bakteri vibrio cholera. Penyakit ini sangat mematikan karena dapat membunuh penderita hanya dalam hitungan jam. Penderita penyakit ini akan mengalami diare parah hingga mengalami dehidrasi dan berujung pada kematian.

10. Enterovirus D68

Setiap tahunya jutaan anak tertular penyakit Enterovirus D68 ini. Virus ini menyebar melalui air liur penderita, dan sekresi pernapasan lainnya ketika seseorang batuk atau bersin. Gejala dari penyakit ini bisa demam, pilek, bersin, batuk dan nyeri otot parah.

nah, itulah dia ke sepuluh penyakit yang lebih parah dari HIV.