Bisa Bikin Mati, Begini Cara Mengatasi Angin Duduk

188666-0_663_382

Situshiburan.com – Angin duduk sama halnya dengan gangguan jantung, di mana terjadi sumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan pasokan oksigen dan aliran darah dalam tubuh menurun.

Ketika terserang angin duduk ini penderita akan  merasakan sesak, nyeri dada, keringat dingin, nyeri ulu hati, perut kembung, mual dan muntah. Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini sehingga mereka menganggap hanya masuk angin biasa.

Padahal, angin duduk ini bisa berbahaya jika tidak diberi pertolongan cepat. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi angin duduk ini agar tidak menyebabkan kematian.

Mau tau apa saja ? Berikut ke  lima  cara ampuh untuk memberikan pertolongan pertama saat terserang angin duduk, seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Bersikap tenang dan jangan panik

Jika kamu mendapati seseorang terserang angin duduk, maka jangan bersikap panik. Cobalah untuk membaringkan tubuhnya serileks mungkin, dan jangan biarkan banyak orang mengerumi ia.

2. Oleskan minyak angin

Selanjutnya kamu bisa mengoleskan minyak angin pada bagian perut, pinggang, punggung dan dada. Minyak angin ini akan membuat bagian tubuh itu terasa hangat dan bisa mengurangi sesak napas.

3. Kompres botol air hangat

Kamu bisa mengompres botol air yang diisi dengan air hangat. Kamu bisa mengisi botol kaca  dengan air hangat, kemudian guling-gulingkan dari mulai dada hingga ke kaki secara berulang.

4. Minum obat

Kamu juga bisa memberi obat yang mengandung nitroglycerin, karena zat yang terdalam obat ini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Kamu juga bisa mengonsumsi obat Antiplatelet  yang bisa melonggarkan aliran darah yang tersumbat.

5. Periksakan ke dokter

Setelah memberikan pertolongan pertama kepada orang yang terserang angin duduk itu, barulah bawa ke dokter  untuk memastikan kesehatannnya.

Nah, jika kamu tidak ingin terserang angin duduk, ada tips unutk mencegah angin duduk. Seperti berikut ini,

1. Banyak konsumsi buah dan sayuran berserat
2. Hindari makanan instan yang mengandung kadar kolesterol tinggi dan lemak
3. Kelola stress dengan baik dan jangan mudah marah
4. Olahraga rutin
5. Berhenti merokok
6. Kontrol kesehatan secara rutin ke dokter

Itulah dia cara mengatasi angin duduk agar tidak berakibat kematian.