6 Hal Penting Yang Kamu Harus Ketahui HIV dan AIDS agar Kamu Gak Ketularan

unaidswordlecropped

Situshiburan.com – HIV dikenal sebagai virus mematikan yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga manusia akan mudah sakit dan lama-kelamaan akan meninggal dunia.

Orang yang positif mengidap HIV akan dianggap sama saja dengan penderita penyakit AIDS. Sehingga mereka akan dijauhi karena takut ketularan. Padahal belum tentu seseorang yang terserang virus HIV juga terkena AIDS.

Untuk itu, kamu perlu tahu apa sih sebenarnya HIV dan AIDS itu, agar semua bisa menanggapi dengan benar orang-orang yang menderita penyakit menular seksual tersebut.

Nah, berikut ini ada 10 hal penting yang harus kamu tahu mengenai birus HIV dan AIDS. Seperti dilansir Kapanlagi.com, inilah dia ulasannya.

1. Apa Itu HIV?

HIV merupakan sebuah virus yang menyerang sistem imun manusia. Virus HIV ini akan membuat sistem imun melemah sehingga tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit seperti jantun, paru-paru, kanker, infeksi dan sebagainya.

2. Beda HIV dan AIDS?

Hampir semua orang menyamakan antara HIV dengan AIDS. Padahal keduanya itu berbeda. HIV sendiri adalah sebuah virus yang menjangkiti tubuh dan menyerang daya tahan tubuh dan membuat sel darah putih jadi berkembang lebih banyak.

Sedangkan AIDS, adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh pula akibat virus HIV yang tak kunjung sembuh dalam jangka waktu sekitar 5 hingga 15 tahun. Jadi, sebenarnya seseorang terkena virus HIV ada kemungkinan untuk sembuh. Namun berbeda dengan AIDS yang tidak akan bisa sembuh karena tidak ada obatnya.

3. Pandangan Publik Tentang HIV

Selama ini pandangan publik mengenai HIV itu adalah merupakan penyakit berbahaya yang sama dengan AIDS dan bisa mematikan. Padahal, HIV dan AIDS berbeda, karena HIV adalah virus dan AIDS adalah penyakit. Jadi orang yang positif terserang virus HIV belum tentu terkena AIDS. Bisa saja virus HIV itu sembuh jika segera ditangai sejak awal.

4. HIV Bisa Menular?

Virus HIV memang bisa menular. Cara penularannya melewati air susu, cairan semen atau vagina dan juga darah. Untuk itu penderita virus HIV seharusnya tidak dikucilkan, karena kamu tidak akan tertular denganya hanya dengan menyentuh tangan, berpelukan atau  tidur di sampingnya.

5. HIV bisa sembuh ?

HIV tentu bisa sembuh, lain halnya dengan AIDS yang tidak bisa sembuh karena tidak ada obatnya. Tapi, nyatanya  HIV itu bisa sembuh kok. Apa lagi jika virus itu diketahui sejak dini, bisa diatasi dengan berbagai macam pengobatan.

6. Penularan HIV

Penularan HIV biasanya sering terjadi pada pasangan yang senang gonta-ganti pasangan atau narkoba. Virus ini juga bisa ditularkan sejak lahir dari air susu ibu, saat donor darah, transplantasi organ atau bahkan injeksi obat untuk berbagai keperluan misalkan kecantikan.

Nah, itulah dia ke enam hal yang harus kamu ketahui dari HIV dan AIDS.