Keutamaan Hari Jumat Dibandingkan Hari-Hari Lainnya

5632e0211c674_5632e0211cc9e

Situshiburan.com – Dalam islam hari Jumat dianggap sebagai hari yang paling istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Ini karena ada beberapa kejadian penting yang terjadi di hari Jumat. Seperti yang sudah dikatakan dalam hadits yaitu:

Rasulullah sallallahu.’alaihi.wasallam bersabda, “Sesungguhnya hari Jum‘at adalah penghulu segala hari dan hari yang paling besar di sisi Allah Subhanhu wa Ta ‘ala yaitu hari yang lebih besar daripada hari raya Adha dan hari raya Fitrah, pada hari Jum‘at itu terdapat lima kejadian yaitu hari yang dijadikan Adam ‘alaihissalam dan Baginda di turunkan daripada syurga ke muka bumi, dan pada hari itu juga wafatnya Adam ‘alaihissalam, dan Allah mengurniakan satu saat di mana do’a-do’a dikabulkan kecuali do’a-do’a maksiat, dan hari Jum‘at juga akan terjadinya hari Kiamat”. (HR Ibnu Majah)

Hari jumat juga dikatakan sebagai sebaik-baiknya hari, oleh sebab itu, orang yang meminta atau berdoa kepada Allah pada hari Jumat, maka Allah akan senantiasa mengabulkan doa-doanya.

Rasulullah SAW menyuruh seluruh umatnya untuk memperbanyak beribadah pada hari Jumat seperti bershawalat yang ditunjukan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

Pada hari Jumat juga terdapat satu waktu dimana jika seseorang berdoa pada waktu itu, maka doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dan waktu itu adalah selepas ashar.

Seperti sabda Rasulullah, “Pada hari Jum’at terdapat satu waktu, tidaklah seorang hamba Muslim memohon sesuatu kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkannya. Carilah ia di akhir waktu selepas asar.” (HR Abu Daud)

Dalam hadits juga dikatakan, bahwa jika pun ada manusia yang meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat, maka akan dibebaskan darinya siksa dikubur .

Rasulullah sallallahu.’alaihi.wasallam bersabda, “Tidaklah seseorang Muslim itu meninggal dunia pada hari jum’at atau pada malam Jum’at melainkan Allah menyelamatkannya dari fitnah kubur (soalan di dalam kubur). (HR At-Tirmizi). [pulsk.com]