4 Hal Mengerikan ini Akan Terjadi Jika Bulan Hilang dari Bumi

4 Hal yang Akan Terjadi Jika Bulan Meninggalkan Bumi

Situshiburan.com – Bulan dan bumi telah hidup berdampingan sejak dulu hingga saat ini. Keduanya seperti sudah saling mempengaruhi. Oleh sebab itu, bumi tidak bisa meninggalkan bulan, begitu juga dengan bulan yang tidak bisa meninggalkan bumi.

Namun, menurut penelitian ternyata sejak 4,5 milyar tahun lalu bulan telah bergerak lebih jauh 18 kali dari bumi. Lalu, apa jadinya jika bulanĀ  meninggalkan bumi ?

Jika memang bulan benar-benar meninggalkan bumi, maka ada empat hal mengerikan yang akan terjadi jika bulan hilang dan meninggalkan bumi. Seperti dilansir Kumpulanmisteri.com, inilah dia ke empat hal tersebut.

1. Laut di bumi tidak akan mengalami pasang surut.

Ini salah satu yang akan terjadi jika bulan menghilang. Keadaan laut di bumi tidak akan mengalami pasang surut. Ini karena pasang surut laut disebabkan adanya gravitasi bulan. Tapi menurut beberapa penelitian, di bumi tetap akan mengalami pasang surut namun dengan gelombang yang tinggi karena adanya gaya gravitasi matahari.

2. Hitungan hari lebih panjang

Jika bulan benar-benar meninggalkan bumi, maka hitungan hari yang dipakai di bulan akan menjadi lebih panjang dari hitungan hari sebelumnya.

3. Menyebabkan gempa bumi

Jika bulan meninggalkan bumi, maka di bumi akan terjadi aktivitas vulkanik yang dapat menyebabkan gempa bumi dalam skala yang sangat besarĀ  dan juga letusan gunung berapi.

4. Bumi akan kehilangan keseimbangan

Hilangnya bulan berarti akan menyebabkan perbahan poros rotasi bumi. Ini akan membuat bumi menjadi tidak seimbang dan bumi akan berputar seperti gasing, kadang ke kanan dan kadang ke kiri. Dan ini akan menjadikan bumi tidak layak untuk di huni oleh makhluk hidup.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena bulan tidak akan hilang dan meninggalkan bumi. Meskipun jarak bulan saat ini sudah semakin jauh dengan bumi, tapi tetap saja bulan dan bumi sudah terikat pada rotasi yang terkait kuat, sehingga bulan tidak bisa meninggalkan bumi, dan bumi tidak bisa meninggalkan bulan.